Dinkes Dumai Targetkan 10 Puskesmas Terakreditasi di 2017

Administrator - Senin,15 Agustus 2016 - 13:11:07 wib
Dinkes Dumai Targetkan 10 Puskesmas Terakreditasi di 2017
Dinkes Dumai Targetkan 10 Puskesmas Terakreditasi di 2017. hal

RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Dumai menargetkan pada 2017 sebanyak 10 Puskesmas yang ada di Kota Dumai sudah terakreditasi.
 
"Kami menyiapkan dan menargetkan 10 Puskesmas diakreditasi oleh Tim Akreditasi Nasional tahun ini agar 10 Puskesmas di Kota Dumai sudah menyandang akreditasi pada 2017," ujar kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS Rabu (10/8/2016).
 
Ke sepuluh Puskesmas itu yakni Puskesmas Bukit Kapur, Puskesmas Dumai Barat, Puskesmas Bukit Timah, Puskesmas Purnama, Puskesmas Bumi Ayu, Puskesmas Dumai Kota, Puskesmas Jaya Mukti, Puskesmas Sungai Sembilan, Puskesmas Medang Kampai dan Puskesmas Bukit Kayu Kapur.
 
Semua Puskesmas di Dumai sudah memenuhi syarat Akreditasi. Saat ini kita tengah mempersiapkan penyambutan kedatangan tim penilai akreditasi. Jika tidak ada halangan penilaian akan dilaksanakan Oktober 2016.
 
Dan akreditasi itu penting untuk meningkatkan akses dan kualitas mutu pelayanan kesehatan. Dan akreditasi ini dimaksudkan agar pelayanan di Puskesmas memenuhi standar yang ditetapkan sesuai amanat UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Sebut Paisal
 
Diakui Paisal, untuk meraih akreditasi ini memang tidak mudah, banyak indikator penilaian seperti masalah ijin operasional, pelayanan pasien, fasilitas, sumber daya manusianya dan lain sebagainya. Namun dengan persiapan yang telah kami lakukan selama ini, Saya optimis sepuluh Puskesmas di Dumai bisa meraih akreditasi.  
 
Bahkan, sebelumnya, kata Paisal, Dinas Kesehatan telah melakukan studi banding ke Puskesmas Selomerto Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.  Dalam studi banding Diskes Dumai menapatkan hasil nyata sebagai langkah awal untuk menyusun perencanaan dan mempersiapkan seluruh Puskesmas di Dumai menjadi Puskesmas yang terakreditasi.
 
Selanjutnya, Diskes juga sudah melaksanakan pelatihan. Pelatihan bagi tenaga pendamping yang sudah dilaksanakan pada 15 - 27 November 2015 lalu dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelatihan Teknis Petugas Kesehatan (BPTPK) Gombong, Jawa Tengah, dan dari Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Yogyakarta.
 
"Alhamdulillah peserta pelatihan pendamping akreditasi Kota Dumai dinyatakan lulus dan bersertifikasi. Untuk itu kita berharp seluruh Puskesmas di Dumai segera terakreditasi," pungkasnya.


hal/fn/radarriaunet.com