AS Akan Jual Bom ke UAE untuk Perangi ISIS

Administrator - Jumat,22 Juli 2016 - 14:39:54 wib
AS Akan Jual Bom ke UAE untuk Perangi ISIS
ilustrasi. cnn
RADARRIAUNET.COM - Amerika Serikat akan menjual bom dan perangkat peledak senilai US$785 juta atau lebih dari Rp10,2 triliun kepada Uni Emirat Arab untuk memerangi ISIS di Suriah dan Irak.
 
Pentagon dalam pernyataannya pada Selasa (19/7) penjualan bom itu telah disetujui oleh Kementerian Luar Negeri. Persetujuan itu juga disampaikan oleh Badan Kerja Sama Pertahanan Keamanan AS kepada anggota parlemen.
 
Parlemen memiliki waktu 30 hari untuk menolak penjualan tersebut. Namun biasanya, penjualan akan mulus dilangsungkan karena telah melalui peninjauan dengan matang sebelumnya.
 
Di antara yang akan dijual adalah 14.460 bom dan perangkat pemandu, bersama dengan amunisi lainnya. Perangkat pemandu akan membuat bom menjadi amunisi dengan presisi tinggi yang dilengkapi sistem navigasi.
 
AS menganggap UAE sebagai negara mitra penting di Arab dalam memerangi ISIS yang menguasai Irak dan Suriah. Bahkan Pangkalan Udara Al Dhafra di UAE menampung 3.500 jet tempur dan tentara AS serta pesawat mata-mata yang digunakan dalam serangan melawan ISIS di Suriah.
 
Selain UAE, Kemlu AS juga menyetujui penjualan 246 rudal dan perangkat tempur lainnya ke Jepang senilai US$821 juta untuk pertahanan di laut timur Asia dan Pasifik Barat. Rudal itu bisa digunakan untuk dua peluncur buatan Jepang.
 
Bom dan rudal tersebut dibuat oleh Raytheon Co dan BAE System. 
 
 
cnn/fn/radarriaunet.com