Kiat Menjadi Vegetarian Pemula

Administrator - Rabu,19 Agustus 2015 - 12:29:59 wib
Kiat Menjadi Vegetarian Pemula
FOTO:perempuan.com

RADAR HEALTH  Menjadi vegetarian adalah hal yang sulit bagi Anda yang merupakan penyuka daging. Namun, sebenarnya ada banyak cara untuk menjadi vegetarian.
Berikut adalah beberapa cara menjadi seorang vegetarian untuk pemula yang bisa Anda terapkan:


1. Kurangi konsumsi daging


Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pemula vegetarian adalah mengurangi makan daging. Untuk tahap awal, kurangi makan daging seperti daging sapi, kambing, dan daging merah lainnya. Namun tetaplah memakan daging unggas dan ikan untuk sumber protein.


Contohnya, jika Anda biasa memakan dua iris daging sapi sehari, kurangilah menjadi seiris atau bagilah satu irisan menjadi dua bagian. Makanlah setengah dari irisan tersebut. Stengahnya lagi Anda makan keesokan harinya.


Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai Anda terbiasa tidak memakan daging sama sekali dalam sehari. Setelah Anda berhasil untuk tidak makan daging, coba pertahankan kebiasaan tersebut.


2. Kurangi makan daging unggas dan ikan


Setelah Anda berhasil untuk tidak makan daging merah, lakukan tahap tersebut untuk menghilangkan kebiasaan makan daging putih seperti daging unggas dan ikan. Namun imbangi dengan makan kacang-kacangan dan susu untuk pengganti sumber protein Anda. Jangan sampai Anda menghilangkan seluruh sumber protein Anda.


Tubuh Anda akan lemas dan sering sakit jika Anda kekurangan protein dalam tubuh. Gantilah sumber protein hewani Anda menjadi sumber protein nabati. Makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe bisa menjadi alternatif.


3. Perbanyak minum air putih


Untuk pemula yang belum terbiasa dengan kurangnya protein hewani dalam tubuh dianjurkan untuk perbanyak mengonsumsi air putih.


Mengonsumsi air putih sangatlah penting untuk tubuh agar tubuh tidak kekurangan cairan dan metabolisme tubuh bisa terjaga dengan baik. Minumlah sedikitnya 8-10 gelas air putih setiap hari.
Minum banyak air putih bukan berarti menggantikan fungsi protein hewani, namun lebih kepada menjaga daya tahan tubuh dan membantu tubuh Anda untuk rileks.


Pikiran dan saraf-saraf di tubuh Anda sedikit banyak akan “merengek” untuk diberikan daging. Pasti Anda akan merindukan saat-saat di mana Anda bisa menikmati daging steak secara bebas. Wajar karena Anda baru mencoba menjadi seorang vegetarian.


Di situlah air putih dapat memberikan sensasi segar dalam tubuh yang akan mengendorkan saraf-saraf di tubuh Anda dan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks, sehingga Anda tak terbawa hawa nafsu untuk kalap memakan daging lagi.


Nah, itu tadi adalah beberapa cara menjadi vegetarian pemula. Tak ada salahnya pula bila Anda ingin berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. (stv/fn)