Bagan Sinembah Sentra Ternak

Administrator - Senin,13 Juni 2016 - 12:41:17 wib
Bagan Sinembah Sentra Ternak
ilustrasi. spgi

RADARRIAUNET.COM - Sebagai daerah yang berada di perbatasan, Kecamatan Bagan Sinembah memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Selain di bidang perkebunan kelapa sawit, Kecamatan Bagan Sinembah termasuk salah satu daerah sentra peternakan sapi.  "Bagan Sinembah itu memang sebagai daerah sentra ternak," kata Camat Bagan Sinembah H. Muhammad Nasir yang ditemui kemarin di Kawasan Batu Enam, Bagansiapi-api.
    
Karena, lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Camat Pasir Limau Kapas ini menambahkan, Kecamatan Bagan Sinembah memiliki potensi di sektor perkebunan yang dinilai sangat cocok untuk kegiatan peternakan.  Sehingga, kegiatan di sektor peternakan boleh dikatakan berhasil. Sebagai gambaran,  populasi ternak khususnya sapi potong di Kecamatan Bagan Sinembah di 2011 sebanyak 4.374 ekor.
    
Namun di 2012, populasi sapi potong meningkat menjadi 6.428 ekor. Kemudian di 2013, populasi ternak sapi potong menjadi 6.133 ekor. Pada 2014, populasi ternak sapi potong menjadi 2.726 ekor. Serta di 2015, sedikit menurun menjadi 2.571 ekor.

"Daerah kita mungkin tidak cocok untuk padi. Tapi, bagus untuk sektor peternakan," kata Nasir. Seiring dengan itu, pihak Kecamatan Bagan Sinembah mengharapkan agar instansi terkait khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rohil dapat terus memperhatikan potensi peternakannya Sehingga, sektor peternakan di daerah berjuluk kota kelapa sawit ini bisa terus meningkat.


teu/rpg/radarriaunet.com