Wanita Berusia 70 Tahun di India Melahirkan Seorang Bayi

Administrator - Rabu,11 Mei 2016 - 17:53:45 wib
Wanita Berusia 70 Tahun di India Melahirkan Seorang Bayi
ilustrasi. Thinkstock/cnn
RADARRIAUNET.COM - Tidak ada kata terlalu tua untuk melahirkan seorang bayi bagi seorang wanita di India. Di usianya yang mencapai 70 tahun, wanita bernama Daljinder Kaur menjadi ibu setelah melahirkan bayi laki-laki yang sehat bulan lalu.
 
Diberitakan AFP, Selasa (10/5), sebelum melahirkan Kaur telah menjalani in vitro fertilization, IVF, atau yang disebut juga bayi tabung, selama dua tahun di sebuah klinik kesuburan negara bagian Haryana. Suaminya, Mohinder Singh Gill, telah berusia 79 tahun.
 
Kaur dan Gill telah menikah selama 46 tahun namun belum juga dikaruniai keturunan. Mereka hampir putus asa dan menjadi bahan cemoohan di negara yang menganggap tidak memiliki anak adalah kutukan dari Tuhan.
 
"Tuhan mendengar doa kami. Hidup kami lengkap sekarang. Saya akan merawat bayi ini sendiri, saya penuh dengan energi. Suami saya juga sangat penyayang dan akan membantu saya," kata Kaur kepada AFP di kota Amritsar.
 
"Ketika kami melihat iklan (IVF), kami berpikir harus mencobanya karena saya sangat ingin memiliki bayi sendiri," lanjut dia.
 
Kaur menyebut dirinya berusia 70 tahun, sementara klinik mengatakan wanita itu berusia 72 tahun. Perbedaan usia ini muncul karena Kaur tidak memiliki akte kelahiran.
 
Bayi Kaur lahir dengan berat hanya 2 kilogram pada 19 April lalu. Kondisi bayi tersebut dilaporkan sehat.
 
Suami Kaur, Gill, pemilik pertanian di luar Amritsar, mengatakan tidak khawatir akan usia mereka yang sudah lanjut. Dia mengatakan, Tuhan akan menjaga bayi yang diberi nama Armaan itu.
 
"Orang mengatakan apa yang akan terjadi pada anak ini jika kami meninggal. Tapi kami percaya pada Tuhan, Dia yang akan mengurus semuanya," kata Gill.
 
Dokter Anurag Bishnoi, pemilik klinik kesuburan di Amritsar itu mengatakan awalnya ragu menerima permintaan pasangan Kaur dan Gill. Namun pengujian menunjukkan Kaur mampu mengandung bayi kendati usianya yang tua.
 
"Awalnya saya menolak karena dia terlihat sangat rapuh. Kemudian kami meminta dia melakukan tes dan setelah semuanya oke kami baru lanjutkan," kata Bishnoi.
 
Ini bukan kali pertama di India seorang wanita tua melahirkan anak. Sebelumnya tahun 2008, wanita berusia 72 tahun dari Uttar Pradesh juga sukses melahirkan seorang bayi melalui proses IVF. 
 
 
 
lex/cnn/rrn