12 ABK Kapal Valor dan Freedom Positif Terinfeksi Corona

Administrator - Senin,04 Mei 2020 - 19:38:23 wib
12 ABK Kapal Valor dan Freedom Positif Terinfeksi Corona
Ilustrasi. Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal Kapal Pesiar MV Arthania berjalan menuju kendaraan setibanya di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Pic: CNNI/ANT

RADARRIAUNET.COM: Sebanyak 12 Anak Buah Kapal (ABK) dari dua Kapal Pesiar Valor dan Freedom dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil rapid test. Kini, mereka tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, sejak Senin 4 Mei 2020.

"Dari hasil pemeriksaan rapid test didapatkan 12 WNI ABK kapal pesiar tersebut positif Covid-19," kata Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad) RS darurat Wisma Atlet Brigjen TNI M. Saleh Mustafa kepada awak media/ seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin 4 Mei 2020.

Belasan ABK menjalani pemeriksaan rapid test usai tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta oleh Tim kesehatan KKP Bandara pada Minggu (3/4) pukul 22.45 WIB bersama 199 gabungan ABK dua kapal pesiar tersebut.

Kemudian, 12 ABK yang dinyatakan positif Covid-19 langsung dibawa menggunakan bus khusus menuju RS darurat Wisma Atlet pada Senin (4/5) pukul 03.15 WIB untuk selanjutnya mendapatkan penanganan khusus.

Tercatat total 211 ABK Kapal Valor dan Freedom yang tiba di tanah air menggunakan pesawat carteran EuroAtlantic Airways pada Minggu malam. Saleh menyebut ratusan ABK baik yang positif maupun negatif akan diisolasi di RS Darurat Wisma Atlet per hari ini.

Hal ini berbeda dengan kasus 359 ABK Kapal Pesiar MV Explorer Dream yang dinyatakan negatif dan dilanjutkan isolasi mandiri di tiga hotel di bilangan Jakarta Selatan sejak Rabu (29/4) lalu.

"Semua pasien diterima dalam keadaan sehat tanpa gejala termasuk di dalamnya ada 1 ABK WNA dari Ukraina dan 1 WNA dari India, kita mengharapkan mereka bisa bekerja sama dengan baik selama diisolasi di sini sampai nanti dinyatakan sehat dan bebas Covid-19," kata dia.

Saleh juga mengatakan sebelum ratusan ABK tiba di Indonesia, mereka telah menjalani serangkaian tes sebelumnya dan ditemukan 96 ABK terindikasi positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test.

"Sebelum mereka dipulangkan terdapat 15 ABK dari kapal freedom dan 81 ABK dari kapal Valor yang menunjukkan hasil positif, yang diperiksa pada tanggal 3 April 2020," ujar Saleh.

Kemudian mereka menjalani karantina mandiri selama 21 hari sejak Selasa (7/4) lalu, dan dalam masa isolasi itu, tidak ada yang ditemukan sakit.

Selain itu, untuk mendukung keabsahan status Covid-19, Saleh menyebut pihaknya akan melakukan tes ulang kepada seluruh ABK yang dilaksanakan di gedung tower 7 RS Darurat Wisma Atlet.

Ia juga meminta kepada seluruh ABK untuk patuh menjalani masa isolasi yang masih belum diketahui hingga kapan.

"Isolasi akan menyesuaikan pemeriksaan yang akan dilakukan lebih lanjut dan akan ditentukan kemudian jadwal kapan mereka akan di swab," tutur Saleh.

Sementara itu, hingga saat ini RS darurat Wisma merawat inap 752 pasien positif terinfeksi Covid-19, dengan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 41 orang dan 104 orang dalam pemantauan (ODP).

 

 

RRN/Ika