Membela Kelompok Minoritas

Administrator - Kamis,21 April 2016 - 00:03:58 wib
Membela Kelompok Minoritas
Ilustrasi. Dok: kcm
Bacaan: Lukas 15:8-10
Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat. (Lukas 15:10)
 
Bacaan setahun: : 1 Raja-Raja 1-2:25
 
Berdasarkan Deklarasi PBB 1948, salah satu indikator suksesnya proses implementasi perlindungan hak asasi manusia di sebuah negara adalah kemampuan pemerintah dalam melindungi golongan minoritas. Yang sering terjadi, suara mayoritas mendorong negara melakukan ketidakadilan terhadap kelompok minoritas.
 
Ayat bacaan hari ini sangat menarik jika dihubungkan dengan kondisi di atas. Di situ ada dua golongan. Pertama, golongan mayoritas, yaitu orang-orang yang telah selamat. Kedua, golongan minoritas, yaitu orang-orang berdosa. Perumpamaan itu menunjukkan pesan ke berpihakan yang sangat jelas. Perempuan itu mencari satu dirhamnya yang hilang dan bersukacita ketika ia menemukannya. Yesus menambahkan bahwa malaikat di surga pun bersukacita. Keselamatan satu jiwa sungguh berharga. 
 
Pesan keselamatan dalam ajaran kekristenan bukan hanya ditujukan bagi golongan mayoritas atau orang-orang yang sudah ada di dalam gereja. Sebaliknya, Yesus Kristus mendorong gereja untuk menjangkau mereka yang tersisih dan berdosa. Berkali-kali Yesus mengajarkan pada murid-murid-Nya bahwa Dia akan mengundang orang-orang itu masuk ke dalam pesta perjamuan makan-Nya. Jadi, sebagai seorang beriman kita harus mampu merefleksikan ajaran Yesus ini. Kita semestinya termotivasi untuk melakukan pembelaan bagi orang miskin, lemah, atau kelompok minoritas. Itulah salah satu panggilan penting bagi kita orang percaya.—TTA
 
KELOMPOK MAYORITAS SEHARUSNYA TIDAK MENINDAS KELOMPOK MINORITAS,MELAINKAN MENJANGKAU, MELAYANI, DAN MELINDUNGI MEREKA



Berita Terkait