Pasca Tarik Jutaan Mobil, Honda AS Siap Ganti Kerugian Diler

Administrator - Minggu,13 Maret 2016 - 23:08:27 wib
Pasca Tarik Jutaan Mobil, Honda AS Siap Ganti Kerugian Diler
PT Honda Prospect Motor Perkenalkan New Honda Mobilio & New Honda CR-V 2.4L Prestige Fender Audio. (Dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta (RRN) - Honda Motor Co berencana memberikan kompensasi keuangan ke diler-dilernya di Amerika Serikat menyusul kerugian yang timbul akibat penghentian sementara penjualan kendaraan pasca penarikan (recall) jutaan mobilnya. 
 
Sebelumnya, lebih dari 29 juta mobil Honda ditarik dari pelanggan akibat potensi kerusakan pada inflatoir kantung udara (airbag) yang diproduksi oleh Takata Corp. 
 
Lalu pada Januari lalu, Honda Motor memerintahkan seluruh dilernya di Amerika menghentikan penjualan 1,7 juta mobil baru maupun bekas keluaran tahun 2007-2015, termasuk model yang terpopuler saat ini CR-V Crossover. 
 
Rencana pemberian bantuan atau kompensasi keuangan itu terungkap dalam surat pemberitahuan perusahaan yang dikirim ke seluruh diler Honda dan Acura yang juga bocor ke Automotive News.
 
Mengutip Reuters, Honda kabarnya akan memberikan kompensasi kerugian ke diler pada minggu terakhir bulan ini. 
 
Juru bicara Honda Amerika, Chris Martin mengatakan program bantuan terhadap agen penjualan ini dijadwalkan akan berakhir pada 29 Juli.
 
 
Dalam menghadapi situasi rumit ini, Honda tengah berupaya untuk  memproduksi airbag pengganti guna membantu diler-dilernya berjualan kembali. Namun, sayangnya komponen airbag pengganti itu kemungkinan besar tidak akan tiba sebelum musim panas ini.
 
alx/ rrn/cnn