MATI DEMI ALKITAB

Administrator - Senin,16 November 2015 - 14:46:18 wib
MATI DEMI ALKITAB
domba2domba.blogspot.com

RENUNGAN - Robert J. Thomas dari Lembaga Alkitab Skotlandia rindu membawa Alkitab ke Korea. Pada 1866, ia naik kapal Amerika dengan membawa Alkitab berbahasa China (orang Korea terpelajar dapat membacanya), namun pecah perang antara petugas kapal dan penjaga pantai sehingga kapal mereka hancur. Sebelum meninggal, Thomas berusaha keluar dari air sambil membawa Alkitab untuk orang Korea, yang memukulinya sampai mati. Syukurlah, ada orang yang membaca Alkitab itu, dan gereja pun mulai berdiri si sana. Saat ini? Korea memiliki populasi penduduk Kristen terbesar di Timur Jauh.

Penyebaran dan pemberitaan Injil memang mengandung risiko. Karena para rasul memberitakan Injil, Imam Besar menangkap dan menjebloskan mereka ke dalam penjara. Diharapkan, para rasul itu jera dan tidak lagi memberitakan firman Tuhan. Tetapi, pada malam hari malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka keluar dengan pesan untuk terus memberitakan firman kepada orang banyak (ay. 20). Tuhan tidak menyuruh mereka untuk menyampaikan firman dengan diam-diam, melainkan dengan penuh keberanian. Betapa tidak! Tuhan memerintahkan para rasul agar berdiri di Bait Allah dan menyampaikan firman kepada orang banyak yang ada di situ!

Gereja-Nya, komunitas orang percaya di bumi ini, diundang untuk menyebarkan dan memberitakan Injil dengan siap menanggung segala risiko. Kiranya semakin banyak orang mengenal Tuhan dan rencana-Nya yang besar. Marilah kita mengambil bagian di dalam pelayanan ini. --Samuel Yudi Susanto/Renungan Harian

* * *
TUGAS GEREJA DI DUNIA INI TIDAK LAIN
ADALAH MEMBAWA ORANG KEPADA KRISTUS. (C.S. LEWIS)
Ayat Alkitab: Kisah Para Rasul 5:17-25

Rasul-rasul dilepaskan dari penjara


5:17 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati.


5:18 Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota.


5:19 Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya:
5:20 "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak."


5:21 Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan pengikut-pengikutnya menyuruh Mahkamah Agama berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil rasul-rasul itu dari penjara.


5:22 Tetapi ketika pejabat-pejabat datang ke penjara, mereka tidak menemukan rasul-rasul itu di situ. Lalu mereka kembali dan memberitahukan,


5:23 katanya: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya."


5:24 Ketika kepala pengawal Bait Allah dan imam-imam kepala mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu.
5:25 Tetapi datanglah seorang mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak." (alktb)




Berita Terkait