HTC Berang One A9 Dituduh Tiru iPhone 6

Administrator - Selasa,27 Oktober 2015 - 14:03:59 wib
HTC Berang One A9 Dituduh Tiru iPhone 6
FOTO: cnnindonesia

RADAR TEKNO - Kejutan yang diberikan produsen asal Taiwan, HTC dari peluncuran ponsel pintar seri One A9 adalah desainnya yang sangat mirip dengan iPhone 6 . Petinggi perusahaan asal China ini pun berang.

"Kami tidak mencontek. Kami membuat ponsel unibodi berbahan metal tahun 2013 lalu. Justru Apple yang meniru kami, khususnya desain antena di bagian belakang," tutur Jack Tong selaku presiden HTC Asia Utara saat jumpa pers di peluncuran produk, mengitup situs Macworld.

Tong juga membela diri dengan menyebutkan, ponsel HTC yang unibodi berbahan metal itu bukan bualan semata. HTC One M7 memiliki bodi aluminium dan garis antena di bagian belakang. Sebagai tambahan, M7 bahkan memiliki aplikasi Beats Audio yang notabene merupakan perusahaan audio hasil akuisisi Apple.

Para petinggi HTC pun setuju, HTC One A9 hanyalah bentuk evolusi dari desain ponsel rakitan mereka.
•    
"A9 lebih tipis dan ringan ketimbang seri ponsel berbahan metal sebelumnya. Ini adalah perubahan dan evolusi, bukan tiruan," ungkap Tong lagi.

Di dalam situs resmi HTC yang menjelaskan tentang A9, perusahaan menulis, "design worth imitating" yang kira-kira memiliki arti bahwa desain ponsel A9 patut dicontoh. Namun, bagi kebanyakan orang yang membacanya, langsung berpikir bahwa HTC terang-terangan meniru desain iPhone 6.

Seperti iPhone 6, A9 memiliki bodi berbahan metal, garis antena di bagian belakang, dan lensa kamera yang menonjol, hanya saja letaknya berbeda -- iPhone berada di samping kiri, A9 di tengah.

Manajer senior komunikasi online global HTC, Jeff Gordon juga sempat 'kebakaran jenggot' saat membalas kicauan pewarta teknologi dari media BGR, Zach Epstein.

Epstein di akun Twitternya mengunggah foto produk HTC One A9 sambil berkata, "baiklah, sudah jelas bahwa HTC hanya bergurau."

Lalu Gordon membalasnya, "ponsel M7 (2013), digabungkan Desire 816 (2013), apa yang Anda dapatkan? iPhone 6 (2014). Tapi sungguh, kami tersanjung." (kps/fn)