Distanak Diminta Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Administrator - Jumat,18 September 2015 - 11:24:26 wib
Distanak Diminta Perketat Pengawasan Hewan Kurban

BENGKALIS  (RRN) - Baik pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi, sama-sama sudah menetapkan bahwa Idul Adha 1436 Hijriah/2015 Masehi jatuh pada Kamis, 24 September mendatang. Artinya, seminggu ke depan umat Islam akan merayakan Hari Raya Kurban. Karena kian dekat hari perayaan bagi umat Islam untuk memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim AS dengan ikhlas mengikuti perintah Allah untuk mengorbankan putranya Ismail demi menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya itu, Penjabat Bupati H Ahmad Syah Harrofie kembali menginstruksikan, agar Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis untuk memperketat pengawasan terhadap hewan kurban.


Perintah ini disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau ini, guna menghindari kemungkinan terjadi gangguan kesehatan atau tertularnya penyakit hewan yang memang bisa ditularkan kepada manusia atau Zoonosis.

 

''Sesuai keputusan pemerintah, perayaan Hari Raya Kurban 1436 Hijriah pada Kamis 24 September atau tinggal seminggu lagi. Distanak sudah kita minta dan ingatkan kembali supaya semakin memperketat pengawasan. Lebih intensif memantau setiap hewan ternak yang diperjualbelikan untuk hewan kurban,'' ujar Ahmad Syah, usai mengikuti pertemuan di lantai III Kantor Gubernur Riau, Rabu (16/9/2015) siang, kemarin.


Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan, imbuhnya, Distanak diharapkan juga memeriksa kondisi fisik hewan kurban yang dijual. Menurut Ahmad Syah, kondisi fisik hewan untuk kurban harus baik. Tidak mengalami cacat atau aib, seperti pincang, tidak buta, daun telinga tidak rusak, kurus, dan cukup umur.


Sebelum ini hal senada memang pernah disampaikan Ahmad Syah, yaitu pada Senin (31/8/2015). Katanya waktu itu, meskipun Hari Raya Kurban 1436 Hijriah/2015 masih lama, namun tidak salahnya jika mulai sekarang pengawasan tersebut dilakukan. “Distanak sudah kita ingatkan untuk melakukan pengawasan dimaksud sedini mungkin, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait. Dan, pengawasan ini harus semakin diperketat, khususnya 10 hari atau seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah/2015 Masehi,” ujar Ahmad Syah, yang kala itu sedang berada di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. (hum)