Pemerintah Minta Masyarakat Melapor Jika Tak Dapat Bansos

Administrator - Rabu,07 September 2022 - 05:46:08 wib
Pemerintah Minta Masyarakat Melapor Jika Tak Dapat Bansos
Suasana diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9). Foto: Ist

RADARRIAUNET.COM: Menteri Sosial Tri Rismaharini menjamin penyaluran bansos oleh Kementerian Sosial (Kemsos) lebih tepat sasaran.

Apalagi Kemsos setiap bulan melakukan pemutakhiran data sehingga tak perlu ada yang dikhawatirkan.

Apalagi ada aplikasi cek bansos untuk mengecek kepesertaan.

“Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) semakin kredibel dan akuntabel. Apabila ada masyarakat yang tidak menerima karena dihalangi oleh RT. Bisa masuk di cekbansos,” ucapnya dalam diskusi online, Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), dengan tema "Alih Subsidi BBM, Bansos Topang Masyarakat Miskin," pada Selasa 6 September 2022.

Mensos menyarankan untuk segera membuka aplikasi itu lalu masuk ke usul sanggah di cekbansos. Bisa juga melalui Command Centre – 021171, maka akan ditindaklanjuti.

Kalau memang berhak, akan ada proses pendampingan dan setiap bulan selalu rutin diselenggarakan rapat APH yang melibatkan Kejagung, KPK, BPKP, dan Bareskrim Polri. Kalau datanya benar, akan dicek rumahnya dan selanjutnya akan diusulkan ke pemerintah daerah.

“Kami selalu memutahakirkan data setiap bulan. Sesuai dengan UU Penanganan Fakir Miskin verifikasi dan validasi data dilakukan oleh daerah, lalu ada pemadanan di Dukcapil, kemudian Pemda mengusulkan ke kami untuk selanjutnya kami tetapkan. Jadi, saya membuat keputusan menteri terkait pembaharuan data ini setiap bulan setelah menerima usulan dari daerah,” tegas Mensos.

Ia menerangkan selain bansos yang disampaikan oleh Kemenkeu. Kemsos juga akan memberikan tambahan bantuan sosial (top up) yang Kemenkeu selalu sebutkan bantalan, sebab ada kenaikan kenaikan harga kebutuhan dasar. RR