Filipina Laporkan 6.352 Kasus Baru Covid-19 Dalam Sehari

Administrator - Rabu,05 Agustus 2020 - 00:39:04 wib
Filipina Laporkan 6.352 Kasus Baru Covid-19 Dalam Sehari
Petugas bandara di Filipina pakai APD. Foto: AFP/medcom

RADARRIAUNET.COM: FIlipina melaporkan sebanyak 6.352 kasus baru infeksi virus korona (covid-19) dalam sehari. Angka ini menandai lonjakan kasus infeksi harian terbesar di Asia Tenggara.

Sudah enam hari angka infeksi harian di Filipina meningkat. Per hari ini, Selasa, 4 Agustus 2020 total infeksi covid-19 menjadi 112.593 kasus dengan angka kematian 2.115.

Manila dan provinsi-provinsi sekitar pada Selasa ini kembali mengalami penguncian ketat selama dua pekan. Pasalnya, sejak penguncian dilonggarkan pada Juni lalu, angka infeksi meningkat lima kali lipat dari sebelumnya.

Laman Channel News Asia melaporkan, pemerintah pada Minggu malam mengumumkan akan menempatkan metro Manila dan provinsi terdekat, seperti Laguna, Cavite, Rizal dan Bulacan dalam karantina.

"Karantina akan berlaku hingga 18 Agustus," tutur Presiden Rodrigo Duterte.

Dalam masa karantina, transportasi umum akan dilarang beroperasi. Masyarakat harus bekerja dari rumah, dan hanya satu orang di setiap rumah yang diizinkan membeli barang-barang esensial.

Pengumuman pemerintah datang setelah 80 kelompok lokal yang mewakili 80 ribu dan 1 juta perawat menyerukan kontrol yang lebih ketat. Mereka menuturkan menyerah dalam menghadapi penyakit itu.

"Saya mendengar Anda, jangan kehilangan harapan. Kami sadar Anda lelah," tutur Duterte dalam pidato di televisi pada akhir pekan lalu.

 

RRN/medcom