Liga Inggris 2019-2020: Ini 12 Informasi yang Perlu Kamu Tahu

Administrator - Senin,27 Juli 2020 - 22:40:38 wib
Liga Inggris 2019-2020: Ini 12 Informasi yang Perlu Kamu Tahu
Euforia seremoni angkat trofi juara Liverpool. PHIL NOBLE/POOL/ AFP/medcom

RADARRIAUNET.COM: Semua pertandingan Liga Primer Inggris 2019-2020 akhirnya rampung pada Minggu 26 Juli malam WIB. Namun, hasilnya bukan lagi untuk menentukan gelar juara karena sudah disegel Liverpool sejak beberapa pekan lalu.

Kendati demikian, laga lainnya tetap seru. Terdapat dua sisa tiket Liga Champions dan Liga Europa yang masih diperebutkan, serta mencari tahu dua klub lainnya yang terdegradasi.

Penghargaan dalam Liga Primer Inggris juga tidak hanya diberikan kepada tim juara. Namun, terdapat gelar individu untuk pencetak gol terbanyak, kiper terbaik, pemain terbaik dan lain-lain. Berikut informasi lengkapnya:

1. Klub Juara: Liverpool
Setelah 30 tahun menanti, Liverpool akhirnya bisa kembali menjuarai Liga Primer Inggris pada musim 2019--2020. Dengan begitu artinya, sudah ada 19 trofi serupa yang pernah diraih dan mereka hanya butuh tambahan satu lagi untuk menyamai rekor Manchester United sebagai klub yang paling sering memenangkan Liga Primer Inggris.

2. Wakil Liga Champions 2020--2021: Liverpool, Manchester City,
Manchester United, Chelsea
Tiket Liga Champions dari Liga Primer Inggris hanya diperuntukkan bagi tim yang finis empat besar. Liverpool dan City tampak mudah mendapatkannya karena berselisih poin cukup jauh dengan rival-rivalnya, sedangkan MU dan Chelsea baru memastikan tiket tersebut pada laga terakhir kompetisi.

3. Wakil Liga Europa 2020--2021: Leicester City dan Tottenham

Hotspur
Leicester City yang finis di posisi lima Liga Primer Inggris langsung mendapat tiket otomatis ke fase grup Liga Europa musim depan. Sementara itu, Tottenham Hotspur yang selesai di urutan enam harus melalui fase kualifikasi terlebih dahulu.

4. Klub Terdegradasi: Bournemouth, Watford, Norwich City
Norwich City yang menelan kekalahan 27 kali harus terima finis di posisi paling buncit dengan koleksi 21 poin. Sementara itu, Bournemouth dan Watford sempat berjuang hingga laga terakhir sebelum akhirnya ikut terdegradasi. Bournemouth maupun Watford hanya berjarak 1 poin dengan Aston Villa yang berada di zona aman terbawah (urutan ke-17).

5. Klub Promosi: Leeds United, West Bromwich, ?
Masih ada satu tiket lagi untuk tim promosi Liga Primer Inggris musim depan. Tapi, sedang diperebutkan lewat fase semifinal playoff Liga Championship yang berlangsung pekan ini oleh Brentford vs Fulham dan Cardiff City vs Swansea City.

6. Top Skorer: Jamie Vardy
Jamie Vardy yang merupakan striker Leicester City berhak atas sepatu emas musim ini karena mampu mengoleksi 23 gol. Usianya yang menginjak 33 tahun menjadikannya pemain tertua yang pernah memenangkan penghargaan tersebut.

7. Top Assist: Kevin De Bruyne
Kevin De Bruyne yang membela Manchester City berhasil mengoleksi 20 assist di sepanjang musim 2019--2020. Pencapaian itu telah mematahkan rekor Thierry Henry sebagai raja assist pada musim 2002--2003 dan menjadikannya playmaker terbaik musim ini.

8. Kiper Terbaik: Ederson
Ederson berhak atas trofi sarung tangan emas karena paling sering mengawal gawang Manchester City tanpa kebobolan, yakni sebanyak 16 pertandingan. Pencapaian itu hanya berselisih 1 clean sheets saja dengan kiper Burnley, Nick Pope.

9. Pemain Terbaik FWA: Jordan Henderson
Football Writers Association (FWA) memilih kapten Liverpool Jordan Henderson sebagai pemain terbaik sepanjang musim. Dia memang hanya menyumbang 4 gol dan 5 assist pada musim ini, tapi keakuratan operannya mencapai 84.48 persen di tiap pertandingan dan The Reds pun sukses diantarkan sebagai juara.

10. Pemain Paling Sering Hat-trick: Raheem Sterling
Penyerang Manchester City Raheem Sterling menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak dua hat-trick pada musim ini. Kemampuan itu dia tunjukkan saat City menang 5-0 atas West Ham United (10/8/2019) dan Brighton & Hove Albion (11 Juli 2020).

11. Klub Paling Subur: Manchester City
Terhitung, ada 102 gol yang dicetak para pemain Manchester City di sepanjang musim 2019--2020. Jumlah itu berjarak 17 gol dengan Liverpool yang berstatus sebagai juara.

12. Klub Paling Sedikit Kebobolan: Liverpool
Liverpool memang bukan klub yang paling rajin mencetak gol, tapi setidaknya mereka hanya kebobolan 33 kali di sepanjang musim 2019--2020. Kendati demikian, jumlah itu tetap saja hanya berjarak 2 gol dengan sang runner-up City.

 

 

Medcom