Pemerintah perlu membantu membangkitkan UKM masyarakat pada saat New Normal

Administrator - Minggu,14 Juni 2020 - 09:51:17 wib
Pemerintah perlu membantu membangkitkan UKM masyarakat pada saat New Normal
Karyawan pabrik gula aren di Desa Talaweh, Kecamatan Lareh Sago Kota Payakumbuh

RADARRIAUNET.COM: Pemerintah telah menetapkan New Normal atau tatanan kehidupan normal baru ditengah pandemic covid-19. Kepetusan ini dilakukan pemerintah untuk memulihkan kondisi ekonomi negara. Karena ekonomi negara dibuat hampir lumpuh disebabkan segala sector kehidupan tidak berjalan dengan semestinya karena kebijakan PSBB (Penerapan Sosial Berskala Besar).


Sector ekonomi yang dibuka kembali untuk memulihkan ekonomi negara yakni mulai dari pertambangan, perminyakan, industry, kontruksi, perkebunan, logistic dan transportasi barang dll. Tetapi dampak yang sangat besar dirasakan oleh kebijakan PSBB ialah UKM masyarakat karena mereka terpaksa tidak membuka usahanya dan menjalankan usaha tersebut seperti biasa. Dampaknya mereka sangat kesulitan untuk bangkit kembali untuk menjalankan usahanya karena per ekonomiaan tidak berjalan pada saat pandemi.


Banyak dari UKM yang mengalami kebangkrutan atau kehabisan modal pada saat kebijakan PSBB, hal tersebut membuat matinya UKM dan roda perekonomian tidak berjalan dengan baik seperti sebelumnya. UKM merupakan hal penting penunjang roda perekonomian negara karena terjadinya perputaran uang . Untuk ini perlu sekiranya yang besar dan menjadi tulang punggung perekonomian. UKM di bangkitkan agar perekonomian negara bisa normal, banyak keluhan dari UKM pada saat pandemi ini keluhan tersebut seperti penjualan yang menurun dan sulit mendapatkan bahan baku, hingga usahanya terpaksa tutup karena sepinya konsumen.


Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan New Normal dan secara perlahan mencabut PSBB, tetapi pada masa transisi ini perlu ada usaha dan membantu UKM ini untuk bangkit kembali untu menyelamatkan aktivitas perekonomian. Perlu perhatian khusus untuk membangkitkan UKM ini, pemerintah harus mengutamakan penyelamatan UKM yang mati ekonomi nya pada masa transisi ini jika tidak maka sector ekonomi tidak akan bangkit karena UKM inilah tulang punggung perekonomian negara.


UKM sangat perlu dibangkitankan kembali disini negara perlu hadir dan membantu bisnis UKM tersebut hal yang perlu dilakukan pemerintah untuk membantu UKM yang hampir mati usahanya ialah dengan memberikan KUR (Kredit Usaha Rakyat) tanpa bunga sama sekali dan memperluasaan pembiayaan modal UKM kemudian mendata bagi UKM yang tidak bisa menjalankan usaha karena terkendala dana untuk dilakukan pendampingan dan pemberian modal usaha untuk bisa bangkit kembali. Kemudian melakukan pelatihan digitalisasi kepada pembisnis UKM yang belum mengetahui tentang penjualan online, karena sistem online sangat berguna sekali di tengah pandemi ini karena kebanyakan masyarakat tidak keluar rumah dan hanya memesan barang atau kebutuhan melalui smartphonenya.


Kemudian masyarakat sendiri pun harus turut serta membantu membangkitkan UKM dengan melakukan mengshare keteman teman anda, dan turut serta membeli barang dan kebutuhan di UKM masyarakay agar perlahan UKM bisa bangkit dan ekonomi negara kembali normal dengan perlahan.
Kemudian untuk UKM sendiri perlu kiranya lebih aktif dan kreatif dalam menjalankan dan memasarkan usahanya seperti menghasilkan sesuatu yang baru dan membuat daganganya lebih menarik dari pada biasanya, kemudian masuk dan merambah dunia online agar usahanya tersebut dan di jangkau masyarakat dengan mudah.


Untuk itu perlu kerja sama yang baik antara pemerintah¸masyarakat dan UKM itu sendiri untuk membangkit UKM ditengah pandemi ini untuk saling mendukung, guna membangkitkan UKM dan menormalkan perekonomian negara yang hampir lumpuh ini dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah di tetapkan pemerintah.

RRN/YUZI