Sekda Inhil : Perkuat Gerakan Literasi

Administrator - Selasa,10 Maret 2020 - 12:55:46 wib
Sekda Inhil : Perkuat Gerakan Literasi
Sekda Inhil H Said Syarifuddin menghadiri pelantikan Pengurus Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) Inhil periode 2020-2024, Foto : RPG

RADARRIAUNET.COM: Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah memperkuat Literasi yang merupakan gerakkan yang digalakkan secara nasional.

Demikian disampaikan Sekda Indragiri Hilir (Inhil) H Said Syarifuddin, saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) Inhil periode 2020-2024.

"Dengan meningkatkan minat baca dan tulis maka secara otomatis dapat menghasilkan SDM yang berkualitas serta berdaya saing," ungkap sekda, Kamis (5/3).

Dalam membangun gerakan literasi ini, sekda menegaskan agar diimbangi dengan pemenuhan fasilita pendukung, salah satunya perpustakaan. Karena perpustakaan merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi.

"Bukan hanya sekadar fasilitas berupa gedung saja namun kelengkapan dari bangunan itu juga menjadi hal yang wajib," tegas sekda.

Sebelumnya, Bupati Inhil HM Wardan menghadiri rapat kerja nasional (rakornas) perpustakaan di Jakarta. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu memperkuat indeks literasi dari berbagai sektor.

Lanjut bupati, rakornas Perpustakaan nasional (Perpusnas) diyakini mampu menyatukan tekad untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas bagi pustaka demi penguatan Indeks literasi sebagai mana dia ungkapkan diatas.

Saat itu, tambah bupati pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan dukungannya untuk menggerakan literasi. Yang utamanya dalam kaitannya dengan pembangunan SDM yang unggul, inovatif dan memiliki kreativitas.

"Sehingga akan terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter," jelasnya.

 

RR/RPG/FN