Karhutla Riau

Septina Primawati Minta Pembakar Hutan dan Lahan Ditindak Tegas

Administrator - Jumat, 13 September 2019 - 12:25:49 wib
Septina Primawati Minta Pembakar Hutan dan Lahan Ditindak Tegas
Anggota DPRD Riau Septina Primawati Rusli.cakaplah.com pic

PEKANBARU : Anggota DPRD Riau Septina Primawati Rusli prihatin melihat kondisi kabut asap yang makin memburuk di Riau. Semua ini akibat kebakaran hutan lahan yang tak kunjung padam.

Masyarakat sudah banyak terserang ISPA dan penyakit lainnya. Sekolah juga diliburkan. Bahkan penerbangan di bandara internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru juga sudah terganggu.

"Sangat prihatin dengan kondisi Riau, tentu kita yang di dewan terus melakukan komunukasi agar bencana ini cepat selesai," ujarnya seperti sitat cakaplah.com, Jumat (13/9/2019).

Mantan Ketua DPRD Riau itu mengatakan, semua pihak sedang melakukan langkah pemadaman titik-titik api. Satgas Karhutla bersama pihak lainnya terus berjibaku agar api tidak meluas.

"Saya percaya pemerintah pusat dan daerah sedang bekerja keras memadamkan titik-titik api. Karena itu mari kita berdoa agar asap ini cepat hilang," ujarnya.


Ia juga mengimbau masyrakat untuk menghindari kegiatan di luar rumah, karena asap yang pekat dapat membahayakan kesehatan.

"Jika tidak terlalu penting saya imbau masyarakat menghindari kegiatan di luar rumah. Namun jika memang ada yang harus dikerjakan di luar rumah, saya menyarankan menggunakan masker," ujar istri mantan Gubernur Riau Rusli Zainal itu.

Terkait penegakan hukum terhadap pelaku kebakaran, Septina berharap ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Tindak setegas-tegasnya sesuai hukum yang berlaku. Karena sudah merugikan banyak pihak," terang politisi Partai Golkar itu.


RRN/CKP