Asap Memburuk, Bupati Kuansing Itruksikan Sekolah Libur

Administrator - Jumat,04 September 2015 - 11:40:11 wib
Asap Memburuk, Bupati Kuansing Itruksikan Sekolah Libur

TELUKKUANTAN (RRN) - Kabut asap semaki pekat. Begitulah kondisi udara di wilayah Kuansing umumnya. Kondisi seperti ini, semakin hari bukannya semakin berkurang, malah semakin menjadi, sehingga kondisi udara seperti ini dikhawatirkan akan merusak kesehatan masyarakat terutama para pelajar masih duduk di Sekolah Dasar. Tak ingin kondisi ini menjadi ancaman kesehatan. Akhirnya Bupati Kuansing, Sukarnis mengambil inisiatif dan mengisntruksikan untuk meliburkan anak sekolah hingga tiga hari ke depan. Sekolah yang diliburkan meliputi TK sampai tingkat SMP sederajat, sementara SMA tidak diliburkan.


Instruksi tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuansing, Jupirman kepada wartawan. Kata Jupirman, setelah memperhatikan kondisi udara yang semakin hari semakin buruk akibat kabut asap, sehingga Bupati Sukarmis mengeluarkan instruksi, "Sekolah mulai dari tingkat TK sampai SMP diliburkan, sementara SMA tidak," ujarnya.Rabu (2/9/15).


Masa libur ini sampai Sabtu (5/9/15) mendatang. Hal ini kata Jupirman, pihaknya sudah menyampaikan instruksi Bupati Kuansing ini kepada seluruh kepala UPTD secara lisan, sementara surat edaran menyusul dikemudian hari.


Untuk itu, Jupirman berharap Kepala UPTD segera menyampaikan informasi tersebut kepada kepala sekolah dan wali murid. "Jika masih ada yang meragukan hal ini, silahkan hubungi UPTD atau Dinas Pendidikan," harap Jupirman.


Sementara untuk SMA himbau Jupirman, tetap melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Namun, sekolah tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan.


Ancaman bahaya kesehatan akibat kabut asap di Kuansing, membuat prihatin berbagai pihak. Keprihatinan itu juga dirasakan oleh Kapolres Kuansing, AKBP Edy Sumardi. Belum lama ini, Kapolres Edy turun langsung kejalanan untuk membagikan masker kepada para pengendara.


Sementara itu, pihak dinas kesehatan hingga saat ini masih berpangku tangan. Belum ada tindakan nyata dari pemerintah terutama Dinas Kesehatan (Diskes) dalam mencegah munculnya penyakit yang akan ditimbulkan bencana asap ini. Kepedulian pihak Polres Kuansing ini dengan kesehatan masyarakat, mendapat apresiasi dari segenap warga. Sebab, masker yang dibagikan oleh Polres Kuansing tersebut merupakan bentuk keperdulian yang teramat tinggi terhadap kesehatan warga di Kuansing. (teu/rtc)