Gantikan Ahok, Soni Sumarsono Pimpin Jakarta

Administrator - Rabu,26 Oktober 2016 - 14:26:50 wib
Gantikan Ahok, Soni Sumarsono Pimpin Jakarta
Tjahjo Kumolo menunjuk Dirjen Otda Soni Sumarsono untuk menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta. cnn
RADARRIAUNET.COM - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunjuk Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemdagri Soni Sumarsono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur di Provinsi DKI Jakarta.
 
Soni akan menggantikan peran Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, sebagai kepala daerah ibu kota hingga masa kampanye Pilkada 2017 selesai, 11 Februari 2017. Ia akan resmi menjadi pelaksana tugas setelah dilantik dan menjalani serah terima nota pengantar hari ini (26/10).
 
"Surat Keputusan sudah kami sampaikan laporan tertulis kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden serta Menkopolhukam," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis kepada wartawan.
 
Selain Soni, Tjahjo juga menunjuk Dirjen Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan sebagai Plt Gubernur Banten menggantikan Rano Karno. Soni dan Nata akan dilantik bersamaan pada hari ini di Kemdagri.
 
Soni diketahui pernah menjabat sebagai pejabat gubernur Sulawesi Utara pada 20 September 2015 hingga 12 Februari lalu. Sementara Nata belum pernah menjadi pelaksana tugas maupun pejabat daerah manapun sejak berkarier di Kemdagri.
 
Selain untuk Jakarta dan Banten, Tjahjo juga menunjuk tiga eselon I dari Kemdagri untuk menjadi Plt Gubernur Bangka Belitung, Gorontalo, dan Aceh. Namun, pelantikan ketiga Plt Gubernur daerah itu baru dilakukan Kamis (27/10).
 
Selain Plt, Tjahjo juga menunjuk pejabat gubernur untuk Provinsi Papua Barat dan Sulawesi Barat. Pejabat gubernur ditunjuk untuk Papua Barat dan Sulawesi Barat karena masa tugas kepala daeranya akan berakhir sebelum pilkada terselenggara.
 
Kewenangan pelaksana tugas diatur dalam Peraturan Mendagri Nomor 74 Tahun 2016 tentang Pengaturan Tugas Pelaksana Tugas. Tjahjo berkata, dalam melaksanakan tugas, pelaksana tugas harus selalu berkonsultasi dan mendapatkan persetujuannya. 
 
 
cnn/radarriaunet.com