Said Usman Bawa Pendukung dan Pengacara Protes Hasil Tes Kesehatan ke KPU Pekanbaru

Administrator - Sabtu,01 Oktober 2016 - 15:19:02 wib
Said Usman Bawa Pendukung dan Pengacara Protes Hasil Tes Kesehatan ke KPU Pekanbaru
Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru. gor

RADARRIAUNET.COM - Ekspos Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru terhadap hasil tes kesehatan yang menyatakan pasangan Bakal Calon Walikota/Wakil Walikota Pekanbaru Dastrayani Bibra-Said Usman tidak memenuhi syarat, langsung mendapat reaksi. Bakal Calon Wakil Walikota Said Usman Abdullah datang menghadap ke KPU bersama pendukungan dan pengacaranya, Sabtu (1/10/2016) siang.

Said Usman bersama pengacara Rasman Arif Nasution SH mendatangi KPU untuk mempertanyakan hasil yang telah diumum ke publik. Terlihat mendampingi beberapa tim pemenangan dan pengurus partai politik seperti Abubakar Siddik SH MH, Zulkarnain dan Huzaimi Hamidi. Mereka diterima Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya dan seluruh komisioner, seperti Mai Yandri, Yelli Novida, Arwin dan Razak Jer.

Rasman Arif yang memulai pembicaraan meminta KPU Pekanbaru menyerahkan surat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau yang melakukan tes kesehatan. Sebagai pihak yang paling dirugikan, menurutnya, Said Usman belum mengetahui isi hasil tes kesehatan yang sudah diumumkan KPU ke media massa.

"Kami minta hasil lengkap tes kesehatan terhadap klien saya. Pengumuman yang dilakukan KPU sangat menyudutkan klien saya," ujar Rasman.

Razman menyebutkan, harus ada kepastian apa yang menjadi penyebab Said Usman Abdullah dinyatakan tak memenuhi syarat secara jasmani dan rohani. Terlebih ada pernyataan yang menyebutkan terkait dengan penggunaan narkotika.

Atas permintaan tersebut, Amiruddin yang memimpin pertemuan belum bisa langsung menyetujui. Sikap KPU tersebut sempat memanaskan suasana pertemuan. Suara Razman semakin meninggi dan mengancam akan memperkarakan KPU secara kelembagaan karena dianggap merusak kredibilitas Said Usman sebagai calon wakil walikota.

Akhir pihak KPU menyerahkan sepenuhnya kepada bakal calon untuk mengetahui. Dan setelah dibuka, hasil tes tersbut menyatakan Said Usman Abdullah menderita disabilitas.


gor/radarriaunet.com