Luhut dan Ahok Dijadwalkan Bicara Reklamasi Hari Ini

Administrator - Selasa,13 September 2016 - 14:20:49 wib
Luhut dan Ahok Dijadwalkan Bicara Reklamasi Hari Ini
Menko Luhut Pandjaitan dijadwalkan untuk menerangkan masalah reklamasi di Pulau G bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama hari ini. cnn
RADARRIAUNET.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan untuk menerangkan masalah reklamasi di Pulau G bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama hari ini.
 
Ahok, sapaan akrab Basuki, direncanakan turut hadir konferensi pers yang akan digelar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman pada Selasa (13/9). Rencananya, konferensi pers itu digelar pada pukul 15.30 WIB.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sebelumnya, Rizal Ramli, memutuskan untuk menghentikan reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta karena ada dugaan pelanggaran terhadap aspek lingkungan.
 
Keputusan itu diambil setelah Tim Komite Gabungan terdiri dari Kemenko Maritim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), memutuskan masalah tersebut.
 
Berdasarkan kajian itu, pembangunan Pulau G yang dilakukan PT Muara Wisesa Samudra sama sekali tidak mengindahkan dokumen lingkungan. 
 
Lokasi Pulau G juga berhimpitan dengan proyek strategis dan vital nasional yakni pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara di Muara Angke dan pipa-pipa gas di laut milik PT Pertamina Energi. 
 
Rizal Ramli pun terkena reshuffle. Luhut akhirnya ditunjuk Presiden untuk mengganti posisi Rizal sebagai Menko. 
 
Melanjutkan Reklamasi
Pekan lalu, Luhut berencana melanjutkan pembangunan reklamasi Pulau G. Dia menyatakan, reklamasi Pulau G dilanjutkan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap aspek legal, lingkungan, dan teknis pembangunan.
 
"Tidak ada alasan untuk menghentikan (reklamasi Pulau G). Setelah kami periksa aspek-aspeknya tidak ada alasan untuk dihentikan," ujar Luhut.
 
Luhut menyatakan, dirinya tidak akan mengeluarkan SK khusus terkait keberlanjutan pembangunan reklamasi Pulau G. Keputusan untuk melanjutkan reklamasi Pulau G didapat Luhut setelah mempelajari lebih lanjut pembatan proyek reklamasi Pulau G.
 
 
cnn/radarriaunet.com