AS Segera Kirim Sistem Pertahanan Rudal Canggih ke Korsel

Administrator - Selasa,12 Juli 2016 - 12:35:41 wib
AS Segera Kirim Sistem Pertahanan Rudal Canggih ke Korsel
Para aktivis anti-perang melakukan unjuk rasa menentang rencana penempatan sistem pertahanan rudal THAAD di Korea Selatan. kps

RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Amerika Serikat akan mengirimkan sistem pertahanan roket terbaru ke Korea Selatan di saat Korea Utara mengatakan, sanksi terhadap pemimpin negeri itu sama dengan deklarasi perang.

AS dan Korea Selatan sudah membicarakan kemungkinan pengiriman sistem Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) pada Februari lalu sejak Korea utara menembakkan roket jarak jauhnya.

"Berdasarkan pembicaraan ini, Korea Selatan dan AS mencapai kesepakatan untuk mengerahkan THAAD sebagai langkah pertahanan untuk memastikan keamanan Korea Selatan dan rakyatnya," ujar menteri pertahanan kedua negara, Jumat (8/7/2016).

Kedua pejabat itu tidak menjelaskan kapan dan di mana sistem pertahanan canggih itu akan digelar. Mereka hanya mengatakan, lokasi untuk menaruh sistem pertahanan itu sedang dievaluasi.

Rencana untuk mengerahkan sistem pertahanan canggih ini membuat Beijing dan Moskwa berang. Kedua negara menilai AS sedang memperkuat kehadiran militernya di kawasan itu.

Moskwa mengatakan, pengerahan sistem pertahanan semacam itu akan memunculkan 'konsekuensi yang tak bisa diperbaiki' sedangkan Beijing memperingatkan bahwa langkah AS ini akan mengakibatkan kerusakan serius terhadap keamanan kawasan.

Beijing juga mendesak Korea Selatan dan AS agar mempertimbangkan kembali keputusan itu. Rencana pengerahan sistem persenjataan ini muncul setelah AS menempatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam daftar hitam pelanggar HAM.


kps/fn/radarriaunet.com