Irjen Boy Rafli Amar dan Kompolnas Puji Aksi Bripka Suryawan yang Keliling Desa Ajarkan Baca Tulis

Administrator - Selasa,21 Juni 2016 - 09:52:14 wib
Irjen Boy Rafli Amar dan Kompolnas Puji Aksi Bripka Suryawan yang Keliling Desa Ajarkan Baca Tulis
Bripka Suryawan saat mengajar baca tulis warga desa. grc
RADARRIAUNET.COM - Aksi Bripka Suryawan Fadlin, polisi baik hati yang berdinas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Gaung, Kabupaten Inhil Provinsi Riau terus menuai pujian. Kenapa tidak, meski jauh dipelosok, Suryawan dengan suka rela bahkan berjalan kaki keliling kampung untuk membantu masyarakat menimba ilmu, termasuk para remaja.
 
Pujian itu meluncur dari Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar. Dia beranggapan bahwa apa yang dilakukan Suryawan sudah sepantasnya diapresiasi. Ia berharap agar seluruh polisi di Indonesia bisa menjalankan program tersebut dengan baik dan maksimal. Sebab, tugas polisi tidak hanya sekedar memberikan rasa aman saja.
 
"Sudah menjadi kewajiban Polisi sekarang, khususnya Bhabinkamtibmas untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Bukan sekedar pengamanan saja, namun juga memberikan edukasi, termasuk yang dilakukannya (Suryawan, red) di Riau," tanggapan Irjen Boy Rafli Amar.
 
Meski hal itu memang menjadi program Polri, dirinya tetap memberikan apresiasi besar kepada Suryawan. "Mudah-mudahan semakin banyak anggota kita di lapangan yang menjalankan program tersebut dengan baik dan semaksimal mungkin," singkatnya.
 
Terpisah, pihak Kompolnas RI, Poengky Indarti juga turut memberikan pendapat terhadap polisi baik hati, Bripka Suryawan ini. "Sebagai aparat yang bertugas menjadi pengayom dan pelindung masyarakat, berarti dia (Suryawan) telah melaksanakan tugas dengan baik," ucapnya.
 
"Apalagi jika dengan sukarela mau memberikan pendidikan kepada masyarakat di pedalaman tanpa meminta imbalan. Menjadi seorang guru adalah berarti menjadi pahlawan tanpa tanda jasa. Semoga teladan ini dapat dilihat oleh publik bahwa masih ada banyak polisi yang baik, dan bagi polisi lainnya sikap teladan ini bisa ditiru," pungkasnya.
 
Senada dengan itu, Ombudsman RI, Adrianus Meliala pun ikut berkomentar. Menurutnya, Suryawan adalah sosok luar biasa. "Ini bisa jadi contoh bagi personil kepolisian diseluruh tanah air. Mudah-mudahan reformasi ditubuh Polri juga berdampak postif bagi personilnya untuk dekat dengan warga," ucap dia. 
 
 
teu/grc/radarriaunet.com