Purwakarta Merajai Penjualan Rumah di Koridor Timur Jakarta

Administrator - Rabu,08 Juni 2016 - 11:35:54 wib
Purwakarta Merajai Penjualan Rumah di Koridor Timur Jakarta
ilustrasi. hjo

RADARRIAUNET.COM - Pasar perumahan di koridor timur Jakarta, yaitu Bekasi, Karawang, Cikarang, Jakarta Timur dan Purwakarta mengalami peningkatan pasokan dalam kurun waktu 2006-2015.

Berdasarkan riset Aecom, dari kota-kota tersebut, Purwakarta merajai penjualan perumahan yakni 39 persen dengan segmentasi pembeli menengah ke bawah.

"Di Purwakara, pasar middle low cukup besar dibandingkan lainnya. Penjualannya paling banyak," ujar Director of Economics and Planning Design+Planning PT Aecom Indonesia, Utami Prastiana di kantornya, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Para pembeli menengah ke bawah ini cenderung mencari rumah di bawah Rp1 miliar dan mendominasi penjualan dengan rata-rata 7,9 unit per bulan.

Masih berdasarkan segmentasi, setelah menengah ke bawah, kalangan menengah ke atas membei 5,2 unit per bulan, menengah 3,7 unit per bulan dan kalangan atas 0,7 unit per bulan.

Sementara dari total penjualan di koridor timur Jakarta adalah 65 persen atau 8.164 unit rumah.

Setelah Purwakarta, penjualan terbanyak diikuti Cikarang 25 persen dan Bekasi 17 persen. Sedangkan area dengan penjualan paling sedikit adalah Jakarta Timur dan Karawang, masing-masing 9 persen.

Dari penjualan unit perumahan yang masih aktif di pasaran, rata-rata per bulan adalah 5,3 unit. Penjualan per bulan yang paling besar dipegang oleh Bukit Residence, Purwakarta, yaitu sekitar 25 unit per bulan. Menyusul Taman Pesona Jepang Metand Cibitung dengan 22 unit per bulan.

Dilihat dari area, rata-rata tertinggi penjualan juga didominasi di Purwakarta dengan 9,5 unit per bulan, diikuti Jakarta Timur 6,1 unit per bulan, Bekasi 5 unit per bulan, Cikarang 4 unit per bulan dan Karawang setidaknya 3,9 unit per bulan.

Jika dikelompokkan berdasarkan lokasi, Purwakarta juga memegang rekor pasokan terbanyak yaitu 5.142 unit atau 40 persen. Setelah Purwakarta, Cikarang dan Bekasi mengikuti dengan masing-masing 2.908 unit dan 2.160 unit. Adapun Jakarta Timur dan Karawang masing-masing hanya memasok 1.560 unit dan 1.004 unit rumah.

"Purwakarta ini memang punya ketersediaan untuk middle low, karena segmen di Bekasi dan Jakarta Timur sudah naik," kata Utami. Harga unit di koridor timur Jakarta adalah berkisar Rp91 juta-Rp5 miliar. Sedangkan harga tanah dibanderol mulai dari Rp580.000 hingga Rp11 juta per meter persegi.


kps/fn/radarriaunet.com