Mian Tiara Ngaku Korban Pelecehan Seksual Aktor Senior

Administrator - Senin,27 Januari 2020 - 15:49:26 wib
Mian Tiara Ngaku Korban Pelecehan Seksual Aktor Senior
Mian Tiara. (Instagram/ Mian Tiara)

RADARRIAUNET.COM: Penyanyi sekaligus artis peran  Mian Tiara membeberkan kejadian tak menyenangkan yang dialami. Tiara mengaku, dia dilecehkan oleh seorang aktor senior. Hal itu disampaikan oleh Tiara lewat Twitter pribadinya @miantiara pada Kamis (23/1/2020).

Vokalis simakDialog ini berani menceritakan pengalaman tak mengenakan ke publik sebagai upaya agar kejadian ini tidak menimpa orang lain. Tiara menjelaskan, kejadian itu dimulai saat ia membantu rekannya dalam sebuah pembuatan film pendek. Hingga pada suatu waktu, ia berada satu ruangan dengan artis senior di ruang rias.

Awalnya, Tiara dan aktor yang tak disebutkan namanya menjalani latihan dialog. “Singkat cerita, kami membahas dialog & stlh adegan di panggung selesai saya pindah ke belakang panggung. Tak lama, saya masuk ke ruang rias utk mengecek hp saya. Aktor senior tsb jg ada di sana menunggu kopinya,” tulisnya.

Kejadian pelecehan itu kemudian terjadi saat sang aktor mulai memperlakukannya kurang sopan dengan memegang bagian pahanya.

“Kami melanjutkan obrolan kami. Pd saat itu hanya kami berdua di ruang rias. Saya duduk di sebelahnya dan mendengarkan ceritanya. Tiba-tiba dia menghadapkan kursinya ke saya dan mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tp enggak bisa bereaksi apa-apa,” ucapnya.

Dengan adanya perlakuan itu langsung membuat dia merasa syok. Akan tetapi, pemain film Perempuan Tanah Jahanam ini hanya ingin agar publik tak mendapat perlakuan seperti dirinya.

"Mungkin enggak akan pernah selesai. Tapi kita bisa mengubah pemikiran atas normalisasi bentuk-bentuk pelecehan atau kekerasan seksual," cuitnya.

Sayang, ketika Kompas.com yang berupaya menghubungi Tiara masih belum dapat menjawab soal pelecehan itu. Hal itu disampaikan oleh manajer dari Mian Tiara yang bernama Abbe pada Jumat (24/1/2020).

“Untuk sementara saya harus izin dulu sama Mian Tiara karena menurut dia media mana yang bisa cover tentang pemberitaan ini. Maksudnya mungkin dari Mian ada pertimbangan sendiri karena sampai saat ini Mian Tiara masih belum ingin bicara ke teman-teman media,” tulis Abbe.

Lalu apa alasannya artis peran Mian Tiara membeberkan perlakuan kurang menyenangkan yakni pelecehan seksual oleh oknum aktor senior tersebut.

Sebelumnya, diceritakan bahwa pelecehan tersebut dialami setelah membantu temannya menyelesaikan tugas akhir pembuatan film pendek. Namun, saat membantu pembuatan film itu, Tiara dilecehkan oleh seorang aktor.

Tiara mengangkat pengalaman tak menyenangkan yang dialaminya di akun Twitter-nya.  Saat Kompas.com mencoba mengonfirmasi hal ini, manajer yang mewakili Tiara, Abbe menjelaskan, Mian Tiara ingin agar kejadian tersebut tak terjadi pada orang lain. “Adapun, mungkin salah satu, dia naikkan ke media sosialnya supaya tidak terjadi hal yang sama dengan aktor atau aktris lain, karena enggak semua korban pelecehan berani langsung bicara. Ada banyak faktor," ujar Abbe, Jumat (24/1).

Sementara itu, Mian Tiara yang juga pemain film Perempuan Tanah Jahanam tersebut masih belum bersedia memberikan keterangan kepada awak media.  “Selamat sore perkenalkan saya Abbe Rahman selaku Manajer Mian Tiara. Saya mewakili Mian Tiara untuk saat ini Mian mohon maaf belum bisa bicara langsung dengan teman teman media karena beberapa alasan," kata Abbe.

 

RR/kps/zet