Hamilton Mengulang Nasib Nahas Tahun 2014

Administrator - Sabtu,16 April 2016 - 16:55:13 wib
Hamilton Mengulang Nasib Nahas Tahun 2014
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton mengulangi nasib nahas berada di posisi buncit pada GP China. REUTERS/Aly Song
RADARRIAUNET.COM - Pebalap Formula 1 dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, tampaknya harus berpacu ekstra keras di GP China. Pasalnya, pebalap asal Britania Raya itu harus start di posisi paling terakhir.
 
Hamilton mengalami kerusakan power unit sehingga harus menghentikan kendaraan pada kualifikasi pertama di GP China. Ini merupakan ulangan nasib nahasnya setelah terakhir kali tersingkir dari kualifikasi pertama di GP Hungaria tahun 2014 silam.
 
Tentu saja ini sangat mengecewakan baginya, mengingat ia terus bersaing dari pebalap di deretan terdepan untuk mengejar poin musim ini. "Masalah ini menjadi ujian kami dan saya yakin kami akan belajar dari persoalan tersebut," ucap Hamilton kepada Sky Sports.
 
"Ini menyangkut bagaimana kami harus segera mencoba mencari tahu penyebabnya dan memastikan tak akan terjadi lagi di masa mendatang."
 
Menurutnya, ada perbedaan persoalan di GP China dibandingkan kegagalannya pada kualifikasi di Hungaria, dua tahun lalu. "Kami bisa menyusul di sini, tapi ban tidak bisa bertahan lama," ungkap Hamilton.
 
"Jadi, kemungkinan bakal tidak sesederhana seperti sebelumnya (di Hungaria)."
 
Meski harus start di posisi terbelakang, Hamilton tetap optimistis mampu mendapat poin di GP China. "Mobil ini cepat dan semoga bisa segera membenahi permasalahan dan kami tetap bisa berada di balapan besok," tuturnya.
 
"Kami pikir ini akan sangat menyenangkan karena masalah cuaca, tapi persoalan reliabilitas membuktikan menjadi peran kunci."
 
Sementara itu, rekan setim Hamilton di Mercedes, Nico Rosberg, mampu mengunci start di posisi pertama. "Tak ada yang menginginkannya dengan mudah. Kami berada di kubangan dan berusaha segera keluar dari situ," kata Hamilton kepada BBC.
 
Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh pebalap dari tim Red Bull, Daniel Ricciardo, diikuti Kimi Rakkonen dari Ferrari di posisi ketiga.
 
Posisi Start untuk GP China
1. Nico Rosberg (Mercedes) 1 jam, 35 menit, 402 detik
2. Daniel Ricciardo (Red Bull) +0.515s
3. Kimi Raikkonen (Ferrari) +0.570s
4. Sebastian Vettel (Ferrari) +0.844s
5. Valtteri Bottas (Williams) +0.894s
6. Daniil Kvyat (Red Bull) +0.997s
7. Sergio Perez (Force India) +1.463s
8. Carlos Sainz Jr (Toro Rosso) +1.479s
9. Max Verstappen (Toro Rosso) +1.792s
10. Nico Hulkenberg (Force India) 
11. Felipe Massa (Williams)
12. Fernando Alonso (McLaren)
13. Jenson Button (McLaren)
14. Romain Grosjean (Haas)
15. Marcus Ericsson (Sauber)
16. Felipe Nasr (Sauber)
17. Kevin Magnussen (Renault)
18. Esteban Gutierrez (Haas)
19. Jolyon Palmer (Renault)
20. Rio Haryanto (Manor)
21. Pascal Wehrlein (Manor)
22. Lewis Hamilton (Mercedes) 
 
bac cnn/ rrn