Ketua PHRI Meranti: Kami Lemah Tanpa Perda

Administrator - Sabtu,14 November 2015 - 11:03:53 wib
Ketua PHRI Meranti: Kami Lemah Tanpa Perda
Raden Uyun Permadi Salis SSos./FOTO: goriau

SELATPANJANG (RRN) - Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kepulauan Meranti, Raden Uyung Permadi Salis SSos mengaku belum bisa berbuat banyak (PAD, red) untuk Pemkab Kepulauan Meranti, Riau. Pasalnya, keberadaan mereka belum diperkuat dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang PHRI di Meranti.

Dalam bincang-bincang dengan GoRiau, Jumat (13/11/2015), laki-laki asal Kota Kembang Bandung ini mengaku itu semua akibat PHRI Meranti belum diperkuat dengan Perda itu, mereka belum bisa memberikan banyak dalam hal peningkatan PAD untuk Kota Sagu.

"PHRI ini sebetulnya sangat membantu pemerintah dalam peningkatan PAD dari sektor hunian. Namun terlebih dahulu harus disiapkan Perda yang mengaturnya," ujar laki-laki yang akrab dipanggil Uyung ini.

Kata Uyung pula, di beberapa kota besar, PAD dari sektor hunian sangat membantu daerah. Ia yakin, jika itu dilakukan di Meranti, hal yang sama juga terjadi. Disampaikan Uyung juga, dengan adanya PHRI dan diperkuat dengan Perda, akan bisa berjalan dalam mendukung peningkatan PAD.

"Di Perda itukan dibunyikan kerjasama Pemda dengan hotel, dimana dalam meeting harusnya di tempat (hotel, red) yang jelas pajak dan izin hotel. Kalau ini tidak dilakukan, tentu Pemda terkesan mengakui keberadaan (hunian tak jelas izin dan pajak) nya," tambah General Manager Grand Meranti Group ini lagi.

Disampaikan Uyung juga, setidaknya dari 4 hotel di Meranti, seperti Grand Meranti hotel (bintang 3), dan 3 hotel kelas melati Furama, Trio, dan Dyva, jika dikelola dengan baik tentu akan menambah PAD bagi Meranti. Ditambah dengan restoran Kopi Tiam dan Grand Meranti Karaoke.

"Kalau sesuai aturan, memang di Meranti tidak ada restoran. Namun, Kopitiam itu peralatannya sudah kelas restoran, tapi secara SDM nya belum. Namun, kedepannya mereka akan kita berikan pembinaan," ujar Uyung. (grc)