Bupati Sambut Baik Rencana Universitas Malaysia Kaji Kebudayaan Inhil

Administrator - Rabu,11 November 2015 - 11:00:05 wib
Bupati Sambut Baik Rencana Universitas Malaysia Kaji Kebudayaan Inhil
Perbincangan Program Kerjasama University Malaysia tentang Jelajah Adat di Indonesia, Selasa (10/11/15). (humas)

TEMBILAHAN (RRN) - Dalam upaya menjajaki kerjasama di bidang adat, budaya dan kesenian di Riau, University Malaysia menjajaki kerjasama dengan Kabupaten Indragiri Hilir. Hal ini disampaikan Puan Aida Nurul Aina, pegawai kebudayaan University Malaysia dalam Perbincangan Program Kerjasama University Malaysia tentang Jelajah Adat di Indonesia, Selasa (10/11/15).


Puan Aida menceritakan awal mula pihaknya memilih Kabupaten Inhil, karena tertarik dengan penampilan tim kesenian Inhil saat tampil dalam pagelaran seni di Singapura beberapa waktu lalu. "Kami tertarik tarian Zapin yang dibawakan saat itu, karena ada kesamaan dengan negeri kami dan sangat menarik. Maka, kami ingin belajar lebih lanjut kesenian Riau," ungkap Puan Aida saat menyampaikan tujuan kegiatan kerjasama jelajah adat ini.


Disebutkan, Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Inhil memiliki budaya yang unik dan misterius. Selain itu, juga topografi wilayah juga memiliki kesamaan dengan daerah di Malaysia. "Kegiatan ini juga merapatkan hubungan belia (pemuda) Indonesia dan Malaysia, dalam rangka aktifiti bersama dalam bidang kebajikan, adat budaya dan kesenian," imbuhnya.


Asisten III Sekdakab Inhil Afrizal menyambut baik dipilihnya Kabupaten Inhil sebagai daerah jelajah adat University Malaysia dalam upaya kerjasama bidang adat, budaya, kesenian dan kebajikan antar pemuda ini. "Kami menyambut baik dipilihnya Kabupaten Inhil sebagai lokasi jelajah adat Univrsity Malaysia ini, semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi dua negeri ini," katanya.


Dalam kesempatan tersebut, Afrizal juga menerangkan berbagai hal mengenai Kabupaten Indragiri Hilir. Terutama mengenai topografi wilayah dan adat, budaya dan kesenian yang memiliki kesamaan. Asisten III Afrizal.
 Kadispora Inhil Rudiansyah juga menyatakan menyambut baik rencana kerjasama dan dipilihnya Inhil sebagai lokasi jelajah adat ini. "Kami siap membantu dan bekerjasama," ujarnya..


Kegiatan Perbincangan Program Kerjasama University Malaysia tentang Jelajah Adat di Indonesia yang digelar di lantai II Gedung Puri Cendana ini diikuti juga kalangan LAMR Inhil, DKIH. (hum)