Pimpinan DPR Gunakan Masker dalam Rapat Paripurna

Administrator - Jumat,30 Oktober 2015 - 11:34:57 wib
Pimpinan DPR Gunakan Masker dalam Rapat Paripurna
DPR membagikan masker di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/10/2015)./FOTO: kompas.com

JAKARTA (RRN) - Pimpinan DPR RI mengenakan masker saat memimpin rapat paripurna di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Masker tersebut digunakan sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas terhadap korban bencana asap.

Menurut pantauan di ruang rapat paripurna, pimpinan DPR RI mengenakan masker, kecuali Taufik Kurniawan yang memimpin jalannya rapat. Sementara itu, Fadli Zon membuka masker karena menuai protes dari peserta rapat paripurna.

"Sesuai kesepakatan dalam rapat bersama pimpinan fraksi, mari kita sama-sama memakai masker yang telah dibagikan sebagai bentuk solidaritas," kata Taufik, saat akan membuka rapat paripurna.

Ketika menyanyikan lagu "Indonesia Raya", Fadli Zon dan Fahri Hamzah membuka maskernya. Sementara itu, Setya Novanto, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto menyanyikan lagu tersebut sambil mengenakan masker.

Ternyata, sikap ketiga pimpinan DPR yang menyanyikan "Indonesia Raya" sambil mengenakan masker menuai protes. Pasalnya, menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dengan keadaan mulut tertutup dianggap sebagai bentuk pelecehan.

"Interupsi pimpinan. Ini pelanggaran, contoh tidak baik menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dengan mulut tertutup," kata seorang anggota DPR.

Menanggapi hal itu, Setya Novanto langsung berbicara. Ia menyatakan bahwa aksi mengenakan masker ini merupakan bentuk solidaritas dari DPR. Aksi ini sama halnya dengan menggalang sumbangan melalui kotak yang disediakan di depan ruang rapat paripurna atau melalui transfer ke bank BUMN.

Setelah mendapat penjelasan, peserta rapat paripurna menghentikan interupsinya. Agenda rapat paripurna dilanjutkan dengan pergantian antarwaktu anggota DPR. (kps)