Apple Tarik Speaker Beats yang Bisa Bikin Kebakaran

Administrator - Minggu,07 Juni 2015 - 01:57:44 wib
Apple Tarik Speaker Beats yang Bisa Bikin Kebakaran
Ilustrasi Speaker (foto:net)
RADAR TEKNO - Apple yang memiliki perusahaan produsen perangkat audio Beats, memutuskan untuk menarik produk speaker portabel Beats Pill XL dengan koneksi Bluetooth dari pasar karena bahaya kebakaran yang disebabkan oleh baterai yang terlalu panas.
 
Dalam pengumuman ini, Apple juga mengeluarkan imbauan agar konsumen berhenti menggunakan produk itu."Apple telah menetapkan bahwa, dalam kasus yang jarang, baterai di Beats Pill XL bisa panas berlebih dan menimbulkan risiko kebakaran," tulis Apple dalam siaran pers, Rabu (3/6) kemarin.
 
Perusahaan juga menegaskan tidak ada produk Apple dan produk Beats lain yang ditarik dari pasaran.
 
Apple sejatinya tidak terlibat dalam pembuatan Pill XL yang diluncurkan pada 2013 lalu, karena kesepakatan akuisisi Apple terhadap Beats baru terjadi pada Mei 2014 senilai US$ 3 miliar.
 
Menurut Komisi Keselamatan Produk Konsumen Amerika Serikat (CPSC), Apple akan menarik 222 ribu unit speaker Pill XL di Amerika Serikat dan 11 ribu di Kanada.
 
Apple telah menerima delapan laporan bahwa speakerportabel itu mengalami panas berlebih pada bagian baterainya, dan satu konsumen disebut mengalami luka bakar karena baterai yang meledak.
 
Apple bakal memberikan dana pengembalian senilai US$ 325 dalam waktu tiga pekan setelah menerima speakerBeats Pill XL di toko retail Apple. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan harga retail produk itu senilai US$ 299,99.
 
Ini bukan pertama kalinya Apple melakukan penarikan produk dari pasar. Pada Agustus tahun lalu, Apple mengakui iPhone yang diproduksi antara September 2012 dan Januari 2013 mengalami ketidaksempurnaan pada baterai.
 
Tahun 2011, masalah konektivitas jaringan memaksa Apple menarik kembali tablet iPad 2 yang dirancang untuk berjalan di jaringan operator seluler Verizon.(adt/ded/fn)