Bandara Soedirman Sepi, Citilink Setop Terbang Sementara

Administrator - Selasa,26 Oktober 2021 - 01:54:23 wib
Bandara Soedirman Sepi, Citilink Setop Terbang Sementara
Citilink menyetop sementara penerbangan ke Bandara Soedirman, Purbalingga. Bandara baru ini disebut-sebut sepi penumpang. ANT/Cnni

RADARRIAUNET.COM: Bandara Soedirman di Purbalingga dikabarkan sepi, bahkan sudah tidak melayani penerbangan sejak akhir September 2021 lalu.

Citilink, salah satu maskapai yang memiliki jadwal terbang di Bandara Soedirman, mengaku menghentikan sementara rute mereka ke kota di Jawa Tengah itu.
Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan memiliki rute terbang dari Bandara Halim Perdanankusuma di Jakarta maupun dari Bandara Juanda di Surabaya.

"Citilink sampai saat ini masih memegang izin rute ke Purbalingga," kata Juliandra kepada media, Senin (25/10/2021).

Namun demikian, ia mengaku penerbangan dengan rute tersebut mengalami beberapa kali pembatalan. Juliandra menjelaskan pembatalan tersebut terjadi disebabkan karena alasan operasional.

Dilansir Antara, maskapai Citilink Indonesia menghentikan sementara penerbangan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah.

Keputusan tersebut diambil sebab jadwal penerbangan ke bandara dengan kapasitas mencapai 300 ribu penumpang per tahun tersebut masih memiliki tingkat okupansi yang rendah.

Citilink melayani penerbangan Jakarta menuju Surabaya melalui Purbalingga dan sebaliknya. Penerbangan tersebut menggunakan pesawat turbo propeller ATR 72-600 yang berkapasitas sekitar 72 orang penumpang.

Dalam pembangunannya, bandara ini didukung oleh daerah di sekitarnya, seperti Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan Karesidenan Banyumas.

Bandara ini memiliki panjang runway dengan dimensi 1.600 x 30 meter dan apron 69 x 103 meter.

 

RRN/CNNI