CEO Toshiba Mundur Usai Kabar Bakal Diakusisi CVC Capital

Administrator - Rabu,14 April 2021 - 22:19:00 wib
CEO Toshiba Mundur Usai Kabar Bakal Diakusisi CVC Capital
CEO Toshiba Corp Nobuaki Kurumatani mundur dari kepemimpinannya di tengah kabar akuisisi CVC Capital terhadap perusahaan. Ilustrasi. (Courtesy By Toshiba/Cnni).

RADARRIAUNET.COM: CEO Toshiba Corp Nobuaki Kurumatani mendadak mundur dari jabatannya pada hari ini, Rabu (14/4). Pengunduran diri tersebut santer dikabarkan seiring rencana CVC Capital Partners yang ingin meng-akuisisi Toshiba dengan nilai mencapai 2,3 triliun yen atau setara Rp308,2 triliun (kurs Rp134 per yen Jepang).

"Kurumatani menawarkan pengunduran dirinya karena dia merasa pekerjaannya untuk merehabilitasi Toshiba selesai. Kami menghargai usahanya," terang Ketua Dewan Toshiba Osamu Nagayama seperti dilansir dari Japan Times.

Nantinya, Kurumatani akan digantikan oleh Satoshi Tsunakawa. Sebelumnya, rencana akuisisi Toshiba oleh CVC menyeruak ke publik, namun kabarnya, internal perusahaan tidak menghendaki.

Di sisi lain, ada perusahaan ekuitas lain, KKR & Co, yang juga dikabarkan tertarik untuk mengakusisi perusahaan elektronik asal negeri sakura itu. Kabarnya, KKR tengah menjajaki tawaran langsung ke manajemen Toshiba.

Kendati begitu, Nagayama mengaku tidak mengetahui apakah pengunduran diri ini berkaitan atau tidak dengan rencana akuisisi. Sebab, menurutnya, tawaran dari CVC masih sangat awal dan belum formal.

Di sisi lain, ada isu kepercayaan perusahaan berkurang terhadap Kurumatani, yakni dari 90 persen pada 2020 menjadi 60 persen pada awal 2021. Lebih dari 20 persen menyatakan berkurang kepercayaannya terhadap pimpinannya.

 

CNNi/RRN