Peneliti Asal Malaysia Ungkap Bahayanya Menanam Tanaman Lidah Jin Di Dalam Rumah

Administrator - Sabtu,20 Juni 2020 - 14:13:17 wib
Peneliti Asal Malaysia Ungkap Bahayanya Menanam Tanaman Lidah Jin Di Dalam Rumah
Bunga lidah jin atau lidah mertua.

RADARRIAUNET.COM : Tanaman indoor (luar ruangan) benar-benar dapat meningkatkan permainan dekorasi interior Anda dan membawa percikan alam ke rumah Anda. Namun, tanaman khusus ini tidak dianjurkan karena memberi efek buruk bagi kesehatan Anda.

Jika Anda telah mengikuti tren terbaru Indonesia di media sosial, Anda akan tahu bahwa tanaman indoor saat ini menjadi tren dikalangan ibu-ibu muda. Nah, mengingat bahwa banyak orang telah menghabiskan waktu yang sangat banyak di dalam rumah karena pandemi Covid-19, masuk akal jika kemudian bahwa sesuatu tentang dekorasi interior juga viral.

Salah satu yang paling viral adalah Sansevieria atau secara lokal dikenal sebagai lidah jin atau lidah mertua.

Namun, dengan tren terbaru ini, ada juga banyak kesalahpahaman tentang manfaat memiliki tanaman dalam ruangan yang muncul. Yang paling banyak dibicarakan adalah manfaat kesehatannya yang berlebihan atau keliru.

Bahkan, ternyata, tanaman lidah mertua ini sebenarnya bisa menimbulkan ancaman kesehatan!

Seperti dilansir Sinar Harian, penanaman Sansevieria di dalam ruangan dapat menyebabkan penyebaran mikroorganisme yang mempengaruhi kesehatan manusia. Menurut ahli kimia Malaysia Dr Fatimah Salim, ketika tanaman ditanam di dalam ruangan di dalam pot dengan tanah, tanaman itu akan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi mikroorganisme ini.

Peneliti dari UiTM lebih lanjut menguraikan bahwa tanah yang digunakan akan menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme yang paling kondusif berkat campurannya dari kandungan organik, anorganik, dan mineral yang tinggi.

“Semua jenis tanah dihuni oleh berbagai mikroorganisme seperti bakteri, ganggang, jamur, protozoa, aktinomisetes, dan ciliata. Untuk setiap gram tanah subur, mungkin mengandung hingga 10 miliar sel mikroorganisme terutama di dekat rhuzosphere (akarnya). "

Karenanya, itu sebabnya tanah tidak boleh disimpan di dalam ruangan, terutama di antara mereka yang memiliki sistem kekebalan rendah. Mikroorganisme ini dapat dengan mudah mempengaruhi kesehatan mereka!

Nah, jika Anda masih ingin memiliki tanaman dalam ruangan, Dr Fatimah merekomendasikan alternatif ini sebagai gantinya:

Leca
Coco Peat
Perlite

Ini dapat ditanam tanpa tanah atau melalui teknik hidroponik yang akan mengekang penyebaran mikroorganisme.

RRN/R24C