Tim Dandim Inhil Berjibaku Padamkan Karhutla di Desa Junjangan

Administrator - Senin,09 Maret 2020 - 12:36:50 wib
Tim Dandim Inhil Berjibaku Padamkan Karhutla di Desa Junjangan
Karhutla lagi-lagi menghanguskan lahan Kelapa dan lahan kosong dengan luas lebih kurang 4 Ha di Desa Sungai Junjangan, Kecamatan Batang Tuaka . Foto : R24

RADARRIAUNET.COM: Perjuangan keras tim Karhutla benar-benar diuji. Hal ini terlihat saat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) lagi-lagi menghanguskan lahan Kelapa dan lahan kosong dengan luas lebih kurang 4 Ha di Desa Sungai Junjangan, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Regu gabungan yang terdiri dari para prajurit Kodim 0314/Inhil dan Polres Inhil beserta Pemadam dari RPK (Regu Pemadam Kebakaran) PT BDL, MPA Desa Sungai Junjangan berjibaku untuk memadamkan kobaran api yang membesar di kebun Kelapa milik masyarakat tersebut.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal saat tiba dilokasi bertemu dengan beberapa jajaran aparat yang sudah terlebih dahulu hadir, seperti Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Inf Uwin Suharto, Kasat Narkoba Akp Bachtiar, Kapolsek Batang Tuaka Iptu Andi Ace, Camat Batang Tuaka H.Marpooyanto, Kades Desa Sungai Junjangan Hariadi serta seluruh regu gabungan yang melaksanakan pendinginan di lokasi kebakaran.

Saat Dandim 0314/Inhil meninjau dan mengelilingi lokasi tersebut, Danramil 12/Batang Tuaka menyebutkan bahwa upaya menanggulangi bencana tersebut telah dilakukan dengan melakukan penyekatan pinggir lokasi yang belum terbakar sebagai antisipasi agar titik panas tidak meluas.

"Kemudian dilakukan juga penggalian sumur-sumur untuk menampung air sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai wadah cadangan air untuk menyiram api yang masih menimbulkan asap," ujar Danramil 12/Batang Tuaka sembari meninjau lokasi bersama Dandim 0314/Inhil, Rabu 4 Maret 2020.

Lanjutnya, penyekatan ini juga dilakukan agar api tidak menjalar ke kebun yang belum dijamah oleh api kian melebar.

"Sebagian besar kebun Kelapa tersebut memang sudah lama tak dirawat dan menjadi padang semak belukar," timpal Danramil 12/Batang Tuaka.

Menurut laporan Babinsa Serda Samsidik, diketahui pemilik lahan tersebut adalah bapak Wardi (40) yang beralamat di Parit Ujung Saal Desa Sungai Junjangan.

Untuk diketahui, hari ini merupakan upaya kegiatan penanganan yang sudah memasuki hari ke-3 yang dilakukan oleh regu gabungan, baik dari TNI, Polri, MPA Kecamatan, serta RPK (Regu Pemadam Kebakaran) PT BDL.

Tampak Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal bersama regu gabungan dengan bersinergi dan semangat melaksanakan pendinginan di lahan kebun yang masih mengeluarkan kepulan asap putih tersebut.

"Kita harus optimis serta serius dalam menangani Karhutla yang terjadi ini. Tetap semangat, pantang pulang sebelum padam," seru Dandim 0314/Inhil kepada seluruh rekan-rekan yang berjibaku.

"Kami terutama diri saya pribadi mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang kita gelar pada hari ini. Syukur kegiatan hari ini kita laksanakan dengan maksimal dan salam dari Forkopimda kepada regu yang menangani kebakaran lahan di Desa Sungai Junjangan ini," ungkapnya setelah pengecekan personil.

 

RR/R24/FN