Sinergi Wardan dengan TNI Majukan Kampung

Administrator - Senin,04 November 2019 - 15:36:03 wib
Sinergi Wardan dengan TNI Majukan Kampung
Bupati HM.Wardan menghadiri penutupan TMMD Ke-106 yang dipusatkan di Desa Sanglar. Tampak juga Danrem 031 Wirabima Brigjen Muhammad Fadjar dan pejabat lainnya. Foto: Ktc

RADARRIAUNET.COM: Bupati HM Wardan menghadiri penutupan TMMD Ke-106 yang dipusatkan di Desa Sanglar. Danrem 031 Wirabima Brigjen Muhammad Fadjar menutup kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 0314/Inhil, di Desa Sanglar dan Desa Seberang Sanglar, Kamis (31/10/19).

Bupati Inhil HM Wardan diwawancarai awak media usai menghadiri penutupan TMMD Ke-106 mengatakan, jembatan yang ada di Desa Sangelar ini dalam kondisinya memang sangat memprihatinkan maka dengan ditunjuknya desa sanglar dan desa sebrang sanglar sebagai tempat pelaksanaan TMMD yang ke 106 ini.

“Alhamdulillah tentunya masyarakat Desa Sanglar dan sebrang sanglar tentunya yang pertama sekali Merasa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena apa yang dimpikan selama ini terwujud. menambahkan selama ini saya tahu persis kondisi jembatan ini sangat parah dan saat ini telah berdiri untuk ukuran Desa kita merupakan satu bangunan megah itu tentunya ini kita merasa bangga merasa bersyukur mudah-mudahan jembatan yang sudah dibangun melalui program TMMD ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama bagi anak-anak kita yang bersekolah di sebrang,” ucapnya

Wardan mengharapkan, semua fasilitas agar dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan."Karena ini adalah milik masyarakat dengan merasakan memiliki dan menjaga dan mudah-mudahan bisa terawat kemudian dapat dimanfaatkan dalam waktu yang cukup lama,” pintanya.

Danrem 031 Wirabima Brigjen Muhammad Fadjar menyatakan, ada dua sasaran dalam kegiatan TMMD ke-106 oleh Kodim 0314/Inhil, yaitu sasaran fisik dan nonfisik untuk sasaran fisik yaitu jembatan yang baru dibangun di desa sebrang sanglar menghubungkan Desa Pebenaan – Desa Sebrang Sanglar dan pembangunan Jalan yang ada di Desa Sanglar.

“Diharapkan sasaran fisik ini bisa memperlancar akses transportasi masyarakat dari Desa ke desa dan juga memperlancar perekonomian masyarakat. Mudah-mudahan desa ini bisa lebih maju kedepan,” harap Danrem 031 Wirabima Brigjen Muhammad Fadjar, Kamis (31/10/19) dilansir karimuntoday.com.

Danrem 031 Wirabima Brigjen Muhammad Fadjar juga menyebutkan sasaran yang berikutnya adalah kegiatan Non-fisik, kami tujukan bagi masyarakat agar lebih mempunyai rasa cinta kepada bangsa dan negara, membangun wawasan kebangsaan, Penyuluhan tentang hukum, tentang bahaya narkoba dan juga masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan dari desa untuk bisa bertahan secara mandiri.

“Pesan dari saya selaku komandan korem yang pertama untuk masyarakat agar dijaga apa yang sudah dibangun karena ini akan terus bermanfaat bagi masyarakat dan yang terpenting masyarakat beserta anggota TNI agar terus bisa terjaga kemanunggalan dan terjalin kerjasama serta kekeluargaan,” pesannya.

Disamping mempersiapkan Tempat upacara untuk penutupan TMMD ke 106 di lokasi satgas juga di persiapkan Lapangan pendaratan Helipad.Bertempaat di desa sanglar akan di adakan penutupan TMMD ke-106 di siapkan juga landasan Helipat simpang Tiga pintu Gerbang Desa sanglar tepatnya di 50 meter dari jalan Penunjang yang menghibungkan kec. Kota baru dan kec.Rete persiapan awal ini dilaksanakan pembabatan rumput dan menyiapkan Landasan helypet ditengah persawahan yang tidak jauh dari pintu gerbang Desa Sanglar, Kecmatan Reteh.

Danramil 07 Reteh Kapten Arm Sahrul Effendi sudah berkordinasi dengan porkopincam Reteh serta aparat Desa serta lapinan masyarakat di Desa Sanglar dengan diadakanya penutupan TMMD ke 106 Program Kodim 0314/Inhil Ta 2019 yang bekerjasama dengan Pemda Kab.Inhil di Desa Sanglar dan Desa Sebrang Sanglar."Kita cicil segala persiapan agar pelaksanaan kunjungan nanti tidak ada kendala dan dapat di laksanakan sesuai harapan kita semua," ungkapnya

Kepala Desa Sanglar dan Sebrang Sanglar akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan penutupan yang akan di laksanakan pasa hari kamis mendatang dan akan membantu tenaga apabila warga kami di butuhkan.Satgas TMMD ke 106 yang di wakili Kapten Inf A.Siregar memaparkan rangkayan kegiaatan yang dilaksanakan sejak tanggal 2 Oktober 2019 kepada Danrem 031/Wirabima.

Segala Rangkayan kegiatan fisik telah di laksanakan di dua sasaran yaitu Penimbunan jalan dengan sirtu yang ada di Desa Sanglar dan pembuatan jembatan beton yang ada di Desa Sebrang Sanglar (Sanglar Lama) dan sasaran non fisik pun telah di laksanakan penyuluhan narkoba penyuluhan ketahanan pangan, penyuluhan keamanan dan ketertiban di lingkungan serta Wawasan kebangsaan kepada warga lokasi sasaran.

Danrem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar menyampaikan terkait dengan yang pertama adalah tujuan TMMD ke 106 bagi masyarakat yaitu untuk percepatan pembangunan di daerah sehingga khususnya daerah-daerah yang terisolir bisa turut merasakan pembangunan dan bisa meningkat perekonomiannya lebih cepat dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana kemudian diimbangi dengan kegiatan non fisik yaitu memberikan penyuluhan pembekalan kepada masyarakat khususnya terhadap isu-isu yang sangat meresahkan masyarakat kalau di wilayah kita ini berarti kurang lebih masalah karhutla kemudian juga masalah narkoba sehingga penyuluhan hukum itu juga diberikan kepada masyarakat dan untuk TNI sendiri yang kedua tujuannya adalah nickname lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga tadi Kalau dilaporkan masyarakat disini antusias dan turut bekerja sama untuk membangun jembatan ini.

“Saya mendengarnya sangat gembira Pak bupati Berarti luar biasa masyarakat kita yang ada di daerah sanglar dan sebrang sanglar begitu antusias untuk membangun dirinya sendiri artinya itu adalah salah satu indikator masyarakat kita yang di sini punya ketahanan punya ketahanan ketahanan ini sangat diperlukan untuk bisa terus menjalankan pembangunan dan mencapai kesejahteraan kami semua Desa sebrang sangalar berharap apa yang sudah dilakukan di dalam TMMD ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di desa sanglar dan Desa Sebrang Sanglar,” ungkapnya

Dikatakannya lagi, sebenarnya judulnya mungkin TNI tetapi di dalamnya adalah seluruh unsur baik Pemda maupun unsur lain diluar TNI seperti kepolisian dan instansi-instansi atau dinas-dinas yang ada untuk sama-sama turun ke masyarakat dan membantu apa yang menjadi kesulitan masyarakat setempat kepada Bapak Bupati kami mengucapkan terima kasih banyak atas supportnya dan juga dukungan anggaran untuk pembangunan baik fisik maupun nonfisik sehingga masyarakat Bapak di sini.

“Mudah-mudahan ke depan bisa lebih cepat mencapai kemandirian dan kesejahteraan bagi kita semua harapan saya kita berdoa kemanunggalan TNI dengan rakyat menjadi sebuah kekuatan untuk kita sama-sama bisa bisa maju maju bersama membangun bersama dan tentunya rakyat menjadi lebih sejahtera dalam kondisi yang lebih sehat tidak terganggu dengan penyakit-penyakit masyarakat Saya kira itu mungkin tambahan dari saya dan arahan tolong nanti dijaga ya pak camat juga mungkin jembatannya dijaga Kalau mungkin ada tempat-tempat lain yang perlu dibantu pembangunannya bisa berkoordinasi nanti melalui musrembangda kasih masukan kepada pimpinan di daerah untuk bisa dibantu oleh TNI dan Polri serta unsur yang lain yang terlibat di dalam tmmd demikian Terima kasih banyak mungkin kita lanjutkan kegiatan nant,” imbuhnya.

Bertempat di lapangan Kantor Desa Sanglar Jalan Ahmad Yani Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir Danrem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT Resmi Tutup TMMD Kodim 0314/Inhil, secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke – 106 di wilayah Kodim 0314/Inhil.

Dengan didampingi oleh Istri tercinta, Danrem 031/Wira Bima beserta rombongan tiba di lokasi penutupan TMMD dengan menggunakan Hellycopter disambut langsung oleh Bupati Inhil H.M. Wardan beserta rombongan.Penutupan TMMD tersebut juga dihadiri Kepala Satpol PP Provinsi Riau, Zainal Z yang mewakili Gubernur Riau dan unsur Forkopimda Provinsi Riau lainya, unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, pejabat TNI-Polri, tokoh masyarakat dan para tamu dan undangan lainnya.

Dalam amanat Pangdam I/BB yang dibacakan Komandan Korem 031/Wira Bima selaku Irup menyampaikan bahwa TMMD yang diprogramkan sebanyak 3 kali di tahun 2019 ini, merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan lembaga negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Hal ini tentunya sejalan dengan tema pada pelaksanaan TMMD ke – 106 tahun 2019, “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat.“Saya sangat berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun, sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat”, pesan Danrem.

Diakhir amanatnya, Danrem mengucapkan terimakasih setinggi – tingginya dan penghargaan yang tulus kepada Bupati dan segenap unsur Forkopimda serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TMMD ke-106 TA. 2019, sehingga dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar.“Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dalam membantu setiap kesulitan rakyat sekaligus sebagai pendorong motivasi bagi rakyat. Karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” Pungkas Danrem.

 

RR/MRC/CPL/ADV