Ahmad Minta BKP3 Bengkalis Gali Potensi Pangan Karbohidrat

Administrator - Kamis, 20 Agustus 2015 - 11:07:45 wib
Ahmad Minta BKP3 Bengkalis Gali Potensi Pangan Karbohidrat
FOTO: riaugreen

BENGKALIS (RRN) - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengatakan, konsumsi pangan dan gizi seimbang serta beragam menjadi syarat bagi perkembangan organ fisik seseorang sejak dalam kandungan yang akan berpengaruh terhadap perkembangan intelegensia maupun kemampuan fisiknya. Dan, generasi yang tangguh secara fisik maupun intelegensia akan menjadi tulang punggung bagi tumbuh kembang suatu bangsa dalam pembangunan, baik itu ekonomi, sosial maupun politik.


Untuk itu, Ahmad Syah berharap Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKP3) beserta stakeholder terkait di daerah ini terus menggali potensi pangan sumber karbohidrat, khususnya non beras yang berasal dari seluruh kecamatan. Kemudian, kreativitas dan ide-ide baru yang orisinil dari resep menu sehari-hari non beras yang sesuai dengan selera makan masyarakat di daerah ini.

Berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain agar diperoleh nilai tambah dan pendapatan bagi masyarakat yang melaksanakan usaha pengolahan pangan non beras yang berasal dari bahan lokal.
 Selanjutnya, imbuhnya, terus memasyarakatkan dan mengangkat citra makanan lokal dan pola konsumsi pangan masyarakat yang beragam, bergizi berimbang dan aman, serta memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai Pola Pangan Harapan (pph). “Tingkatan skor PPH, sehingga dari tahun ke tahun semakin baik, serta tingkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penganekargaman pangan melalui penyediaan B2SA untuk menciptakan sumberdaya yang berkualitas,” ujar Ahmad Syah.


Hal ini disampaikan Ahmad Syah ketika membuka lomba cipta menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015, Rabu (19/8/2015).

Pembukaan kegiatan yang ditaja BKP3 bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK dan diikuti perwakilan seluruh kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, dilaksanakan di halaman depan BKP3, Jalan Antara Bengkalis.


Di bagian lain, kepada seluruh organisasi wanita Ahmad Syah minta agar ikut berperan aktif dalam memasyarakatkan pentingnya pangan B2SA yang mengutamakan sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat. Khususnya kepada ibu-ibu rumah tangga.


Selain Kepala BKP3 Erwin Achyar, Ketua TP PKK Ny Hj Embung Megasari Zam dan Ketua Dharmawanita Persatuan Hj Gustina Yanti, hadir juga dalam pembukaan kegiatan tersebut sejumlah pejabat di Pemkab Bengkalis, diantaranya Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Pembangunan dan TI H Zulfan Heri dan Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Hukum dan Politik H Umi Kalsum.


Kemudian Kadipenda H Umran, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu H Hermizon dan Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Akmal. Sementara camat yang hadir diantaranya Camat Bengkalis Djamaluddin, Camat Bantan Hendrik Dwi Yatmoko dan Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi. (hum)