Diskop UMKM Bengkalis Akan Gandeng Kadin

Administrator - Rabu,16 Oktober 2019 - 15:21:33 wib
Diskop UMKM Bengkalis Akan Gandeng Kadin
Kepala Dinas Koperasi Bengkalis Herman Achmad riau24.com pict

RADARRIAUNET.COM: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis terus melakukan evaluasi ditahun 2019, terhadap kegiatan perlu ditingkatkan pada tahun 2020 mendatang. Maka, akan megandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Demikian disampaikan Kepala Diskop UMKM Herman Achmad kepada sejumlah wartawan, saat di ruangan kerjanya. Diutarakan Herman, produk UMKM di daerah ini tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya, dan hanya memiliki kelemahan belum ada sertifikas. Yang bisa membuat terhalang para pengusaha UMKM masuk ke pasar bebas seperti hal Toserba atau persaingan internasional.

"Pada tahun 2019 ini kegiatan yang dilakukan itu telah memberikan dampak positif baik kepada koperasi maupun UMKM di daerah negeri junjungan ini. UMKM di daerah ini diarah bagaimana bisa bersaing bebas. Salah satunya bagaimana cara mendapatkan sertifikasi seperti halal, dan industri rumah tangga (IRT), baik daerah maupun tingkat nasional," katanya, Selas (15/10/19).

Apalagi, lanjut Herman, ada wacana penyeberangan Riau-Malaka, akan menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk bersaing dan harusnya memenuhi standardisasi produk yang dipasarkan. Maka sambungnya, hal itu yang sedang digesa. Berharap kegiatan-kegiatan ditahun 2020 akan lebih ditingkatkan lagi.

Salah satu upaya dilakukan Diskop UMKM Bengkalis, katanya, UMKM memiliki sertifikasi tersebut adalah melakukan sosialisasi, karena itu dipahami pelaku UMKM sebagian besar pengelolanya adalah dari masyarakat. Apalagi pengetahuan tentang sertifikasi masih sangat minim.

"Jika memungkinkan Dinas Koperasi dan UMKM akan memfasilitasi UMKM yang dinilai layak untuk mendapatkan sertifikasi. Kami yang akan mengurusnya. Saat ini sejumlah UMKM di pedesaan sudah mulai memiliki sertifikasi hasil produksinya. Setelah memperoleh sertifikasi itu produksi UMKM terus meningkat," ungkapnya dilansir riau24.com.

Diakuinya, Diskop UMKM Bengkalis masih belum memiliki data valid terkait keberadaanya UMKM. Namun dijanjikannya, tahun 2020 mendatang akan melakukan pendataan secara tepat dan efektif. Dijelaskannya, yang telah dilakukan tahun 2019 memberikan dampak kepada koperasi dan UMKM. Seperti halnya pengembangan koperasi.

 

RR/DAI