Rohil Akan Memiliki Hutan Kota

Administrator - Jumat,30 Agustus 2019 - 13:14:23 wib
Rohil Akan Memiliki Hutan Kota
Kadis LH Rohil, Suwandi, S.Sos saat meninjau lokasi hutan kota.

ROHIL : Kabupaten Rokan Hilir akan memiliki hutan kota pertama, yang berlokasi di Jalan Lintas Batu 6, Bagansiapiapi.

Hutan kota ini sudah diprogramkan sejak 2009 lalu, dan tahun 2020 ini baru dapat terlaksana pembangunannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi, S.Sos, Kamis (29/8/2019) melakukan peninjauan ke lokasi hutan kota tersebut.

Bersama beberapa anggota DLH lainnya, Suwandi menyusuri area hutan kota yang sudah dibersihkan juga didampingi pekerja.

"Untuk sekarang masih tahap penataan dan pembentukan, serta pembersihan lokasi," sebut Suwandi.

Hutan kota ini, lanjutnya, memiliki luas lebih kurang 6 hektar, dengan didalamnya ada outbond, kebun binatang mini, jogging track, serta danau yang berbentuk love.

"Di danau ini nanti, masyarakat bisa bermain permainan air yang akan kita siapkan," ungkap Suwandi.


Suwandi menjelaskan untuk area depan hutan kota akan disiapkan lokasi parkir untuk para pengunjung, juga akan ada jogging track untuk masyarakat berolahraga, serta area permainan anak seperti ayunan, dan diarea dalam yang akan dibangun hutan kota.

"Hutan kota ini sendiri juga diwajibkan oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk setiap Kabupaten/Kota sebagai penghasil oksigen dan paru-paru kota, karena saat sekarang hutan sudah jauh keberadaannya," jelasnya.

Suwandi juga mengungkapkan bahwa pekerjaan pembangunan hutan kota akan dimulai pada tahun 2020 mendatang, ini dikarena hutan kota tersebut dianggarkan pada tahun 2020.

"Kita juga berharap kepada masyarakat agar dapat memelihara hutan kota ini ketika sudah siap nantinya, dengan kesadarannya karena hutan kota ini dibangun dengan uang rakyat dan dipergunakan untuk rakyat itu sendiri," harapnya mengakhiri.


RRN/Rif