Indonesia Darurat Asap, Masyarakat Diajak Ikut Padamkan Titik Api

Administrator - Senin,07 September 2015 - 11:12:10 wib
Indonesia Darurat Asap, Masyarakat Diajak Ikut Padamkan Titik Api
foto: detik.com

JAKARTA  (RRN) - Masyarakat diajak berpartisipasi bahu membahu memerangi titik api dan bencana asap. Bantuan masyarakat diperlukan agar bencana asap bisa secepat mungkin dituntaskan. "Yang kita harapkan, sosialisasi kemasyarakat, serta bantuan dari masyarakat peduli api akan turut bahu membahu untuk mengatasi darurat asap ini secepat mungkin," urai Sekjen Kementerian LHK, Bambang Hendroyono dalam jumpa pers di kantornya di Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta.


Menurut dia, segenap unsur pemerintah akan bergabung dalam satu komando melakukan penanganan. TNI, BNPB, Polri, dan pemerintah daerah bergerak bersama. Posko 24 jam juga akan dibangun. "Nantinya

 

penanganan baik dari darat dan udara di setiap kabupaten hasilnya akan langsung diserahkan dan dilaporkan ke gubernur. Posko ini efektif 24 jam serta langsung dikomunikasikan di media center, sehingga masyarakat dapat memantau langsung operasi pemadaman lahan," jelas dia.


"Kita juga sudah mendapat izin penerbangan pesawat untuk water bombing yang diberikan izinnya dari perhubungan udara, ada sekitar 20 pesawat mulai dari instansi perusahaan, dan pemadam posko, semuanya siap standby pesawat, untuk menuju daerah rawan asap. Pesawat yang kita gunakan, ada CN, Cassa dan beberapa helikopter," tutup dia. (teu/dtc)