16 Bank Kucurkan Rp3,2 Triliun Bangun Tol Pemalang-Batang

Administrator - Kamis,25 Mei 2017 - 21:53:49 wib
16 Bank Kucurkan Rp3,2 Triliun Bangun Tol Pemalang-Batang
Ground Breaking pembangunan ruas tol Pemalang-Batang telah dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Desa Pasekaran, Batang, Jawa Tengah, pada 17 Juni 2016. Cnni Pic

Jakarta: Sebanyak 16 bank bekerja sama memberikan pembiayaan mencapai Rp3,2 triliun untuk proyek pembangunan ruas Jalan Tol Pemalang-Batang di Jawa Tengah. Pinjaman tersebut diberikan dalam bentuk sindikasi yang dipimpin oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero).

Pembiayaan kredit sindikasi ini akan menutup sebagian dari total kebutuhan dana pembangunannya. Adapun total kebutuhan dana untuk membangun ruas Jalan Tol Pemalang – Batang mencapai Rp 4,88 triliun.

Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta, mengungkapkan, perjanjian sindikasi ini menyiratkan semakin luasnya minat sektor perbankan yang bersedia menyalurkan pembiayaan ke sektor infrastruktur strategis, seperti jalan tol Pemalang-Batang ini. Pembiayaan sindikasi 16 bank ini diharapkan dapat mengakselerasi proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Pemalang - Batang yang mencapai total panjang 39,29 kilometer dan menghubungkan Pemalang, Pekalongan, dan Batang di Jawa Tengah.

"Kolaborasi yang solid disektor perbankan tersebut dalam pembiayaan jalan tol akan menjadi faktor penting percepatan pembangunan sektor infratruktur yang tengah digagas oleh pemerintah," ujar Herry, (24/5)

Dalam pembiayaan tersebut, BNI menyiapkan pembiayaan sebesar Rp 1,5 triliun atau sekitar 46 persen dari total nilai pembiayaan sindikasi. Penyaluran antara lain juga dilakukan oleh Bank Panin sebesar Rp 220 miliar, kemudian BNI Syariah dan Bank Aceh Syariah masing-masing Rp 200 miliar.

Selain empat bank itu, terdapat pula Bank Artha Graha, Bank Jateng, Bank Sumut, Bank Nagari, Bank ICBC, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, dan Bank Sulselbar. Ada pula Bank DIY, Bank Jambi, Bank Kalteng, Bank Maluku Malut, Bank DIY Syariah, dan Bank BJB Syariah.

Ruas jalan tol Pemalang – Batang ini merupakan salah satu bagian penting dari Jaringan Jalan Trans Jawa (Jakarta - Surabaya). Ruas tol ini juga masuk dalam daftar Percepatan Proyek Strategis Nasional yang ditargetkan untuk beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2018.

Adapun ground breaking pembangunan ruas tol ini telah dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Desa Pasekaran, Batang, Jawa Tengah, pada 17 Juni 2016.

cnni/agi/rrn