Hamilton Sulit Dikejar

Administrator - Selasa,25 Agustus 2015 - 11:58:29 wib
Hamilton Sulit Dikejar
FOTO:cnnindonesia

Stavelot (RRN) - Lewis Hamilton tampil sebagai pemenang pada balapan GP Belgia yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (23/8/2015). Dengan kemenangan keenamnya itu, Hamilton tetap kokoh di puncak klasemen pebalap.

Hamilton melakoni start dengan baik pada balapan ke-11 musim ini. Start dari urutan terdepan, pebalap asal Inggris itu berhasil mempertahankan posisinya. Hal serupa gagal dilakukan oleh rekan satu timnya, Nico Rosberg.

Start dari urutan kedua, Rosberg malah disalip oleh Sergio Perez, yang mengawali start dari urutan kelima. Posisi Rosberg merosot ke posisi kelima, sementara Perez berada di posisi kedua.

Perez sempat menekan Hamilton. Kendati demikian, Hamilton mampu mempertahankan posisi pertama pada akhir lap 1, sementara Perez dan Daniel Ricciardo berada di posisi kedua dan ketiga. Rosberg berhasil memperbaiki posisi dan berada di posisi keempat.

Berada di depan, Hamilton memacu mobilnya secepat mungkin. Jaraknya dengan Perez yang ada di posisi kedua pun perlahan-lahan melebar. Pada satu titik, Hamilton 5,1 detik.

Ketika berada di posisi kedua, Perez memutuskan untuk masuk pit. Demikian pula dengan Ricciardo yang berada di posisi ketiga beberapa saat sebelumnya. Hal ini membuat Rosberg naik ke posisi kedua, namun jaraknya dengan Hamilton cukup jauh, yakni 8,5 detik.

Di akhir lap ke-15, Hamilton masih memimpin balapan dengan Rosberg berada di posisi kedua. Sementara itu, Perez berada di posisi ketiga, tetapi ia tertinggal 10 detik di belakang Hamilton.

Sepuluh lap kemudian, Hamilton masih memimpin jalannya balapan, meski sudah melakoni satu kali pit stop. Rosberg, yang juga sudah masuk pit, berada di posisi kedua. Sedangkan posisi ketiga kini berganti ke tangan Sebastian Vettel dan posisi keempat ditempati oleh Romain Grosjean. Di antara keempatnya, hanya Grosjean yang sudah masuk pit dua kali.

Di manakah Perez? Setelah sebelumnya sempat mengincar Hamilton dari posisi kedua, Perez kini berada di posisi keenam. Dia kesulitan untuk melewati Daniil Kvyat yang berada di urutan kelima.

Hamilton sempat satu kali masuk pit lagi dan mengganti ban-nya menjadi ban soft. Rosberg masih kesulitan untuk mempertipis jarak. Keduanya masih dipisahkan jarak 4,5 detik.

Hamilton dan Rosberg masih berada di dua urutan. Sementara Vettel berada di urutan ketiga. Nasib nahas dialami pebalap Ferrari itu pada lap ke-42 --satu lap menjelang akhir balapan.

Ketika tengah memacu mobil di trek lurus, Vettel mendapatkan masalah setelah ban belakang sebelah kanannya meletus. Alhasil, mimpi untuk naik podium dalam tiga balapan beruntun pun buyar.

Vettel lantas dilewati oleh Grosjean, yang akhirnya finis di urutan ketiga. Hamilton melintasi garis finis lebih dulu, diikuti Rosberg di urutan kedua.

Dengan hasil ini, Hamilton memimpin klasemen pebalap dengan koleksi nilai 227. Sementara, Rosberg berada di posisi kedua dengan nilai 199, diikuti oleh Vettel di posisi ketiga yang mengoleksi nilai 160.

Masih ada 8 balapan tersisa menuju akhir musim. Balapan berikutnya akan dihelat di Monza, Italia, pada 6 September 2015. (dtc)