Dewan: Beri Peluang Investor Bangun Pabrik

Administrator - Senin,24 Agustus 2015 - 13:38:23 wib
Dewan: Beri Peluang Investor Bangun Pabrik

TEMBILAHAN (RRN) - Guna meningkatkan penghasilan para petani kelapa, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir menyarankan pemerintah daerah lebih terbuka terhadap investor yang ingin membuka pabrik di kawasan perkebunan petani.


"Jika pemerintah daerah ingin mengangkat penghasilan petani, maka pemerintah harus memikirkan apa yang menjadi kendala petani selama ini," ujar Ketua Komisi II DPRD Ahmad Junaidi.


Dikatakan Junaidi, dengan banyaknya pembangunan pabrik di kawasan perkebunan, sehingga petani dapat memilih ke pabrik mana mereka akan menjual hasil perkebunan kepala mereka.


Sebaliknya, jika hanya ada satu pabrik saja, kemungkinan akan terjadi monopoli harga. "Tentu saja akan merugikan pihak petani," sebutnya.


Tak hanya sampai disitu, ia juga menjelaskan, jika dibangun pabrik di kawasan kebun petani, maka akan memberikan masa tenggang terhadap buah yang akan dipanen. Selain itu, jarak tempuh menjual hasil kelapa tidak lagi jauh, dan otomatis mengirit biaya transportasi.


"Dengan catatan pabrik tersebut tidak menanam lahan, hanya pabrik," tegas Junaidi. Ia berharap, pemerintah lebih terbuka kepada investor yang ingin membangun pabrik, guna memerdekakan kesejahteraan  petani. (teu/rmn)