Berburu Makanan Halal dan Lezat di Selandia Baru

Administrator - Senin,05 September 2016 - 13:55:13 wib
Berburu Makanan Halal dan Lezat di Selandia Baru
ilustrasi makanan halal. cnn

RADARRIAUNET.COM - Salah satu kekhawatiran terbesar saat berwisata adalah faktor cocok atau tidaknya makanan di tempat tersebut. Kekhawatiran ini juga makin memuncak ketika seorang muslim berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya adalah non-muslim. Akan ada kesulitan tertentu untuk mencari tempat bisa menyantap makanan halal.

Setelah beberapa negara seperti Singapura, Hong Kong, dan Korea menunjukkan perhatian lebih kepada wisatawan muslim dengan meluncurkan panduan makanan halal, kini giliran Selandia Baru yang melakukan 'promosi' tersebut.

Panduan kuliner halal Selandia Baru ini dikeluarkan oleh Direktorat Muslim Kiwi dan Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ). Dalam panduan ini terdapat tiga kategori halal, yaitu restoran halal yang disertifikasi oleh FIANZ, restoran halal yang dimiliki oleh warga Muslim, dan restoran yang menyediakan sajian vegetarian.

Dalam panduan tersebut, wisatawan muslim bisa menemukan berbagai restoran dan kafe yang memiliki sertifikasi halal. Selain kafe dengan sertifikasi halal, ada juga berbagai restoran vegetarian yang menawarkan aneka makanan lezat.

Tak ketinggalan, Selandia Baru ternyata juga punya banyak restoran halal. Negara ini juga memiliki restoran yang menjual berbagai makanan India dan Timur Tengah, pun masakan laut yang segar.

Seluruh restoran tersebut terbagi ke dalam dua lokasi utama, yaitu North Island dan South Island. Dua lokasi utama Selandia Baru tersebut meliputi beberapa lokasi utama wisata yaitu Auckland, Waikato, Manawatu, dan Canterbury.

Peluncuran panduan wisata kuliner halal ini bertujuan untuk memberikan  perjalanan yang berkesan bagi wisatawan muslim. "Sekaligus memastikan mereka akan memperoleh pengalaman terbaik dalam menikmati kuliner berkualitas tinggi yang ada di negara ini," ujar Manager Regional Asia Tenggara dan Asia Selatan, Tourism New Zealand, Steven Dixon dalam pernyataan yang diterima awak media.

Dixon menambahkan bahwa pihaknya menyadari bahwa kemudahan akses informasi tentang kuliner halal bagi wisatawan muslim sangatlah penting.

“Panduan ini menunjukkan komitmen kami untuk lebih meningkatkan posisi Selandia Baru sebagai tujuan wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim.”

Pun Hazim Arafeh, Ketua FIANZ mengklaim bahwa panduan ini bisa menjadi sumber terpercaya bagi wisatawan dan pebisnis Muslim yang berkunjung ke Selandia Baru.


cnn/radarriaunet.com