Rohul Juga Kena Dampak Pembekuan DAU, Empat Bulan Gaji PNS Terancam

Administrator - Senin,29 Agustus 2016 - 13:05:35 wib
Rohul Juga Kena Dampak Pembekuan DAU, Empat Bulan Gaji PNS Terancam
ilustrasi. ssc
RADARRIAUNET.COM - Dampak pembekuan dana alokasi umum (DAU) oleh pemerintah pusat, melalui Peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor 125/PMK.07/2016, turut dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul).
 
Informasi dirangkum, Kabupaten Rohul termasuk dalam daftar 169 daerah yang terkena pembekuan penyaluran DAU 2016. Dampak pembekuan DAU, sejumlah pembangunan terancam mandek. Gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Rohul juga terancam tidak maksimal hingga Desember 2016.
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan ada tiga hal yang jadi pertimbangan Kemenkeu dalam menunda penyaluran DAU, yakni perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja, dan perkiraan posisi saldo kas daerah di akhir tahun.
 
Daerah-daerah yang terkena dampaknya adalah daerah dengan proyeksi saldo kas akhir tahun masuk kategori sangat tinggi, cukup tinggi, dan sedang.
 
Pembekuan DAU sebesar Rp19,4 triliun merupakan jatah dari 169 daerah dilakukan penyesuaian porsi belanja negara. 
 
Menanggapi ini, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH mengatakan kebijakan Menkeu akan berpengaruh besar bagi pembangunan di Rohul, apalagi saat ini Rohul tengah mengalami defisit anggaran. "Pada hakikatnya DAU itu menjaga kesenjangan fiskal antara daerah satu dan daerah lain. Makanya ada DAU, tapi bila ini ditunda sama saja membuat kesenjangan fiskal," ujar Kelmi, Jumat (26/8/16).
 
Kelmi juga khawatirkan, pembekuan DAU akan berdampak terhadap tidak terbayarnya gaji dan tunjangan PNS di Kabupaten Rohul sekira empat bulan, mulai September hingga Desember 2016 mendatang.
 
 
teu/rtc/radarriaunet.com