Putar Film Sukarno Hatta untuk Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

Administrator - Kamis,20 Agustus 2015 - 11:14:16 wib
Putar Film Sukarno Hatta untuk Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

BENGKALIS  (RRN) - Bersama sekitar 60 siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Bengkalis, Rabu (19/8/2015) pagi, Penjabat Bupati H Ahmad Syah Harrofie nonton bareng film dokumenter tentang perjalan hidup Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama, Soekarno-Hatta. Kegiatan nonton bareng yang ditaja sempena peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2015 itu dilaksanakandi ruang audio visual di lantai II Badan Perpustakaan Umum Arsip dan Dokumentasi (BPUAD) Kabupaten Bengkalis, Jalan Pertanian Bengkalis.


Ahmad Syah dalam pengarahan singkatnya mengajak pelajar di daerah ini, terutama para siswa-siswi SD yang ikut nonton bareng, agar rajin belajar, sehingga bisa mengikuti jejak para pemimpin negeri ini. ''Untuk itu simak film ini dengan baik dan seksama, sehingga bisa menjadi pelajaran dan motivasi untuk kita semua,'' pesan Ahmad Syah, seraya mengapresiasi apa yang dilakukan BPUAD ini serta meminta hal serupa dapat dilakukan di seluruh kecamatan.


Ditambahkan mantan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau ini, untuk menjadi seorang pemimpin besar seperti Dwi Tunggal Indonesia Soekarno-Hatta, harus rajin belajar. Karena hanya dengan rajin belajar seseorang akan menjadi pintar. Di kesempatan itu dan untuk memotivasi mereka, Ahmad Syah sempat berdialog dengan siswa dan melempar pertanyaan seputar film dokumenter yang ditonton tersebut. Bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaannya dengan benar, Ahmad Syah memberikan hadiah door prize sebuah buku.

Sementara Kepala BPUAD Kabupaten Bengkalis, HM Khairuddin R Nur dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin, dan untuk tahun ini mengambil momen peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI.


Adapun tujuan pemutaran film dokumenter ini, katanya, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme para generasi muda di daerah ini. Katanya, kegiatan ini akan berlangsung sampai Jumat lusa (21/8/2015). Adapun yang menjadi target audiens kegiatan nonton bareng ini adalah para pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Untuk hari ini setiap pemutaran film akan diikuti masing-masing sekitar 60 siswa dari 3 SD di Kecamatan Bengkalis. ''Kegiatan pemutaran film dokumenter dengan melibatkan pelajar ini merupakan upaya kita untuk menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme kepada geresasi muda di daerah ini,'' jelas Khairuddin. (hum)