Jaksa Limpahkan Perkara Penimbunan Miras dan Rokok Tanpa Cukai

Administrator - Senin,01 Agustus 2016 - 10:49:22 wib
Jaksa Limpahkan Perkara Penimbunan Miras dan Rokok Tanpa Cukai
ilustrasi. bmci
RADARRIAUNET.COM - Seorang pengusaha asal Pekanbaru. Pianto Ajali alias Asiong, yang menjadi tersangka atas kasus penimbunan minuman keras (miras) dan rokok berbagai merk tanpa cukai. Segera diadili di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.  Hal itu diketahui, setelah Jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, melimpahkan berkas perkara ke pengadilan, Jum"at (29/7/16) siang. 
 
"Hari ini berkas perkara penimbunan miras dan rokok tanpa cukai kita limpahkan ke pengadilan," terang Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Pekanbaru, M Amin SH kepada awak media, Jum'at siang di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru. Dalam perkara ini, JPU nya ada dua orang yakni, saya sendiri (M Amin) dan Sumriadi SH," sambung Amin. 
 
Dijelaskannya, Perbuatan Pianto Ajali alias Asiong, yang telah merugikan keuangan negara atas bea cukai, dijerat dengan pasal 56 Undang Undang Nomor 39 tahun 2007 perubahan nomor 11 tahun 2005 dengan hukuman di atas lima tahun penjara. Di mana kasus ini berawal atas penyelidikan pihak Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Riau dan Sumatera Barat (Sumbar), pada Mei 2016 beberapa waktu lalu.
 
Saat itu, petugas Bea dan Cukai Kanwil Riau-Sumbar melihat mobil Suzuki Line Van nopol BM 9351 TR membawa 336 botol miras dan 17 koli rokok. Setelah diikuti mobil itu berhenti di sebuah gudang yang sekaligus rumahnya di kawasan Kecamatan Sukajadi. Setelah diselidiki barang barang yang ditimbun di gudang tersebut tidak memiliki cukai," papar Amin. 
 
 
teu/rtc/radarriaunet.com