365 KSM Terima Bantuan PKH Tahap Kedua

Administrator - Sabtu,30 Juli 2016 - 09:32:54 wib
365 KSM Terima Bantuan PKH Tahap Kedua
Kegiatan Penyaluran dana bagi KSM oleh dinas Sosial Rohil. Rusdy
RADARRIAUNET.COM - Sebanyak 365 Keluarga Sangat Miskin ( KSM) yang ada di tiga daerah kecamatan, yakni Kecamatan Bagan Sinembah, Balai Jaya dan Bagan Sinembah Raya (Basira) menerima bantuan Program keluarga Harapan (PKH) tahap  kedua dari Pemerintah pusat.
 
Bantuan PKH tahap kedua tahun 2016 yang dipusatkan di kantor pos Bagan Batu,  Jumat (29/7) kemarin dihadiri langsung oleh Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir, Misnawati Spd beserta staf.
 
Bahkan dalam kesempatan itu dirinya juga  menyerahkannya secara simbolis dan dilanjutkan oleh petugas kantor pos dan petugas pendamping PKH.
 
Kepada awak media Misnawati menyebutkan,bahwa penyerahan bantuan PKH tahap kedua ini secara bergilir dilakukan di 15 kecamatan se kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah bantuan sebesar Rp 1.806.412.500.
 
"Untuk penyalurannya yang kita laksanakan hari ini dengan jumlah bantuan PKH dari pusat sebesar Rp 170.262. 500 yang meliputi kecamatan Bagan Sinembah, Balai jaya dan Bagan Sinembah Raya (Basira), " terang Misnawati.
 
Dijelaskan Misnawati, data penerima PKH ini menggunakan data Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011. "Namun hal ini tidak menjadi acuan penuh, sebab dalam penyaluran PKH ini ada petugas pendamping yang memvalidasi data terhadap masyarakat penerima PKH yang dikirim dari PKH pusat, penerima bantuan ini harus berdasarkan kriteria ataupun kategori," jelasnya.
 
Adapun kriteria penerima PKH tersebut diantaranya ibu hamil, ibu menyusui, balita, anak pra sekolah, dan anak SD, SMP Sert SMA. Dan penyalurannya sendiri dilakukan secara bertahap yakni setiap tri wulan atau empat kali penyaluran.
 
"Bagi masyarakat Rohil yang masuk kategori sangat miskin dan tidak memiliki identitas seperti KK maupun KTP maka mereka tidak bisa menerima bantuan, oleh karenanya uruslah identitas kependudukannya dimana berdomisili, sebab identitas tersebut termasuk salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan ," kata Misnawati.
 
Dalam kesempatan itu dirinya juga berharap agar bntuan ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan sehingga dana tersebut betul- betul bermanfaat dan meringankan beban bagi masyarakat yang menerima PKH. " Gunakanlah sesuai kebutuhan dan jangan salah gunakan," harap Misnawati.
 
Sementara itu salah seorang penerima PKH, Umi Nandra warga Ampaian Rotan, kecamatan Basira kemarin mengaku sangat berterimakasih kepada pemerintah atas bantuan tersebut. Menurutnya, PKH ini baginya sangat membantu dan meringankan beban biaya hidup apalagi Ia masih menyekolahkan dua orang anak. "Alhamdulillah PKH ini dapat membantu beban kami," katanya.
 
Senada diungkapkan Suriani warga Balam, kecamatan Balai Jaya yang menyekolahkan dua anak di SD dan SMP ini. Ia sudah empat kali menerima bantuan PKH ini dan telah dirasakannya bantuan tersebut." Selama terima PKH, kami sangat terbantu kali dan semoga program terus berjalan," katanya. 
 
 
Rusdy/radarriaunet.com