Orang Indonesia Lebih Senang Ngobrol via Aplikasi

Administrator - Jumat,22 Juli 2016 - 08:59:14 wib
Orang Indonesia Lebih Senang Ngobrol via Aplikasi
ilustrasi. cnn

RADARRIAUHNET.COM - Sebagian besar masyarakat Indonesia kelas menengah ke atas telah menjadikan teknologi sebagai bagian besar di dalam gaya hidupnya. Bahkan semakin banyak yang memiliki perangkat lebih dari satu.

Menyasar 1.000 responden di Indonesia, Accenture memaparkan bahwa 99 persen mengaku menggunakan aplikasi mobile untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Tak berbeda jauh dengan kalkulasi global yang dilakukan di 27 negara maju dan berkembang lainnya, yakni 87 persen.

"Hal ini tentu saja didukung oleh penetrasi kuat dari ponsel pintar yang telah dimiliki oleh 86 persen responden, naik 9 persen dari 2014," ucap Managing Director Communication, Media, and Technology Lead Accenture Indonesia Wong Tjin Tak kepada sejumlah media.

Riset Acenture tersebut juga menjelaskan, tak hanya ponsel pintar, namun juga para screenager menggunakan komputer tablet dan laptop atau PC.

Istilah screenager sendiri memliki arti orang yang memiliki perangkat pintar lebih dari satu di kehidupan sehari-harinya.

Accenture memaparkan, pada 2016 ini ada sebanyak 34 persen responden yang memiliki ponsel pintar, tablet, dan laptop/dekstop. Dibandingkan 2015, angka tersebut naik dari 31 persen.

Sementara 73 persen responden mengaku berniat membeli televisi pintar dalam jangka waktu satu tahun ini.

"Kami melihat kehadiran TV pintar akan digemari juga. Banyak yang nonton Netflix pakai itu, anak-anak juga lebih suka Youtube-an pakai TV pintar," tukas Wong.

Tercatat ada 82 persen responden mengaku menonton film dan serial televisi melalui situs online secara berkala, serta 80 persennya bermain game online.

Menurut Managing Director Digital Accenture ASEAN Mohammed Sirajuddeen, sejatinya masa depan game online berada di perangkat mobile. Butuh waktu lima sampai 10 tahun bagi perangkat desktop untuk digantikan oleh mobile device.

Ini berarti bukan tidak mungkin apabila perangkat mobile menjadi sebuah keniscayaan bagi game online di masa depan ketimbang desktop.


cnn/fn/radarriaunet.com