Kurangi Pengangguran Dewan harapkan Pemkab Rohil Cari Peluang Diberbagai Sektor

Administrator - Rabu,28 Oktober 2015 - 09:11:28 wib
Kurangi Pengangguran Dewan harapkan Pemkab Rohil Cari Peluang Diberbagai Sektor

BAGANSIAPIAPI  (RRN) - Untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Rokan Hilir, Komisi B DPRD setempat meminta pemkab mencari peluang lapangan kerja diberbagai sektor. Disamping perlu meningkatkan sumber daya manusia. "Pemerintah harus bekerja sama dengan berbagai pihak, untuk membuka lapangan kerja, terutama disektor-sektor kerajinan, yang mana sumber bahan bakunya sangat melimpah ditempat kita. Selama ini belum dimanfaatkan sama sekali," kata Hendra, Ketua Komisi B DPRD Rokan Hilir.


Disektor industri, perkapalan (dock), Hendra minta koordinasi intens antara Dinas Kehutanan dan aparat, terutama menyangkut bahan baku. “Kalau salah-salah, kita bisa dianggap illegal loging,” imbuhnya. Sektor perminyakan, Hendra juga minta pemkab membentuk Dinas Pertambangan dan Energi, melalui dinas ini, akan diinventarisir perusahaan-perusahaan berbasis perminyakan yang ada di Rokan Hilir, sehingga diketahui peluang tenaga kerja untuk masyarakat tempatan. “Itu salah satu cara kita untuk mengurangi pengangguran,” ujarnya.


Namun demikian, disamping membuka peluang kerja diberbagai sektor, peningkatan sumber daya manusia diharapkan Hendra juga menjadi perhatian, tidak hanya tamatan SLTA, melainkan kalau bisa sarjana. (nto)