Tahun Baru 1437 Hijriyah, Umat Islam di Bengkalis Diajak Hhadiri Tabligh Akbar

Administrator - Rabu,30 September 2015 - 12:12:02 wib
Tahun Baru 1437 Hijriyah, Umat Islam di Bengkalis Diajak Hhadiri Tabligh Akbar
KH Anwar Zaid

BENGKALIS  (RRN) - Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ) Bengkalis akan menggelar tabligh akbar, di Lapangan Tugu Bengkalis, Minggu 4 Oktober 2015. Kegiatan pihak penyelenggarakan menghadirkan kiyai kondang KH Anwar Zaid pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum Bojonegoro Jawa Timur.


“Kegiatan bernuansa agama ini, dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru 1437 Hijriyah. Kegiatan ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat Jawa semata, tapi seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, kami mengundang seluruh umat Islam untuk menghadiri Tabligh Akbar ini,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Sumantari.


Melalui ceramah yang lugas dan tegas, serta humoris sosok KH Anwar Zaid merupakan kiyai sering diundang untuk mengisi kegiatan keagamaan di berbagai acara di pelosoak negeri ini. Tak terkecuali, di Kabupaten Bengkalis, pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum Bojonegoro sudah beberapa kali diundang oleh masyarakat Kecamatan Siak Kecil. “Setiap kali, sang kiayi mengisi pengajian di sejumlah desa di Kecamatan Siak Kecil, ribuan masyarakat dari penjuru desa, kecamatan, bahkan kabupaten tetangga, datang untuk menyaksikan ceramah beliau. Untuk menyemarakan Tabligh Akbar ini, panitia menyebarluaskan informasi lewat baleho, sepanduk, undangan ke sejumlah desa dan kecamatan,” ungkap Kepala SMKN Bantan ini.


Sejauh ini masyarakat dari kecamatan Rupat, Rupat Utara, Mandau, Pinggir, Siak Kecil Bukit Batu dan Bantan, menyatakan ingin datang ke Lapangan Tugu untuk meramaikan tabligh akbar ini. Panitia penyelenggara tentu menyambut baik keinginan warga dari kecamatan-kecamatan untuk datang mengikuti tabligh akbar sempena menyambut Tahun Baru Hijriyah ini. “Yang jelas tabligh akbar ini, bukan untuk masyarakat etnis Jawa, tapi seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis dihimbau untuk menghadiri acara ini,” ujar Sumantari.  


Selain menggelar Tabligh Akbar bersama masyarakat Kabupaten Bengkalis, pada malam itu juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ) Bengkalis priode 2015-2010. Diantara nama-nama kepengurusan PKMJ Bengkalis, Ketua Umum Masuri alias Mas Bagong yang juga ketua Kadin Bengkalis, Wakil Ketua Suyatno (Lurah Rimbas Sekampung), Imam Hakim (Sekretaris Bappeda), Supriyanto (Pengawas Disdik), Asrari (Kasi di Perpustakaan), Joko Sarwoto (kepala SMKN Bengkalis). (hum)